PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI I TANETE RILAU

Rukaya Rukaya(1*),

(1) Prodi Bimbingan Konseling PPs Universitas Negeri Makassar (UNM)
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral siswa di SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Populasi pada penelitian ini sebanyak 592 siswa, sedangkan sampel adalah 59 siswa/responden yang diperoleh dengan teknik penarikan proportional random sampling, adapun teknik pengumpulan data digunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian membuktikan dengan regresi sederhana dan pengujian hipotesis bahwa Ftabel = 4,03 dan diketahui Fhitung = 5,96, jadi Fhitung> dari Ftabel, maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruhyang signifikan antara pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral siswa di SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral siswa di SMA negeri 1 Tanete Rilau.

Keywords


layanan bimbingan dan konseling, perkembangan moral siswa, SMA

Full Text:

PDF

References


Ahmad Juntika Nurihsan, 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Rafika Aditama, Bandung.

Ali, M. F. (2006). Filsafat Administrasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Pedoman Bimbingan dan Konseling, Depdiknas, Jakarta.

Elvino Ardianto, 2011. Metode Penelitian, Simbiosa Rekatam Media, Bandung.

Hidayat Otib Satibi, 2013.Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agam, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

Ismaya Bambang, 2015.Bimbingan dan Konseling, PT Refika Aditma, Bandung.

Moradi M., Etemad S. Gh., Moheb A. (2010). Synthesis of Magnetic Polyvinyl Alcohol Nanoparticles for Fast Adsorption of Pb(II) Ions from Water “Proc. of Int. Conf. Nanotech. Fundam. Appl.,” Ottawa, Canada, Aug. 4–6, pp. 587-1–587-7.

Prayitno, 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Pace, W., & Faules, D. F. (2001). Komunikasi Organisasi. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Cetakan ke 3. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rony Gunawan. K, 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Terbit Terang, Surabaya.

Riduwan, 2010. Belajar Mudah Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Raflis Kosasi, Soetjipto, 2004. Profesi Keguruan, Rineka Cipta, Jakarta.

Suharsimi Arikunto, 2012. Prosedur Peneliti, Rineka Cipta, Jakarta.

Sujarweni V. Wiratna, 2014.Metodologi Penelitian, Pustaka Barupress, Yogyakarta.

Sugiyono, 2011.Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sujana M.G., Anand S. (2011). Fluoride removal studies from contaminated ground water by using bauxite. Desalination, 267, 222-227.

Vallero D. (2007). “Fundamentals of Air Pollution 4th edition” Elsevier.

Yusuf Syamsu, 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Wardati, Jauhar Mohammad, 2011. Impelementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Prestasi Pustakaraya, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 424 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3