ANALISIS TATA KELOLA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMK NEGERI 8 MAKASSAR.

Ngadimin Ngadimin(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/homeec.v10i1%20NOV.309

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui gambaran tata kelola pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam tata kelola pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMK Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian ditetapkan secara purposive sampling Teknik analisis data yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penyediaan fasilitas TIK dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan alokasi dana yang tersedia, pembagian tugas dan tanggung jawab kurang jelas, pengadaan fasilitas TIK mengalami keterlambatan serta pengawasan penggunaan fasilitas TIK kurang. Sedangkan gambaran tata kelola proses pembelajaran berbasis TIK, umumnya guru-guru SMK Negeri 8 Makassar telah merencanakan penggunaan fasilitas TIK dalam pembelajaran. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran  sebagian guru tidak konsisten dengan skenario yang telah ditulis dalam RPP. Pembelajaran dengan menggunakan fasilitas TIK secara konsisten telah dilakukan pada mata pelajaran ’front office’ dengan menggunakan ’soft ware Fidelio System’ dan ’Galileo’ pada kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata. 2) Faktor-faktor pendukung  tata kelola pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMK Negeri 8 Makassar adalah fasilitas TIK sesuai kebutuhan dilengkapi dengan jaringan internet dan WiFi,  loyalitas guru-guru SMK Negeri 8 Makassar dalam menjalankan tugas pengajaran serta regulasi atau aturan yang disepakati bersama walaupun belum memberikan hasil yang maksimal. 3) Faktor-faktor penghambat  tata kelola pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMK Negeri 8 Makassar adalah kemampuan guru di bidang TIK masih kurang, lebih 50% belum bisa menggunakan  komputer.  Lemahnya kemampuan di bidang TIK secara tim di SMK Negeri 8 Makassar dapat mengakibatkan lemahnya pengorganisasian dan pelaksanaan  pembelajaran berbasis TIK, sehingga manfaat TIK dalam pembelajaran dapat dirasakan.

 

Keywords: Tata kelola, Pembelajaran berbasis TIK


Article Metrics

Abstract view : 493 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Alamat redaksi : Jurusan PKK Fakultas Teknik Kampus UNM, Parangtambung Makassar 90224

 Crossref logodimensions.png