Sikap Nasionalisme di SMPN 1 Muaro Jambi

Sardjo Sardjo(1), Lois Kusumawati Setiawan(2*),

(1) SMP N 3 Tebo
(2) SMP N 3 TEBO
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9001

Abstract


ABSTRAK

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana gambaran sikap nasionalisme atau semangat kebangsaan yang dimiliki oleh siswa-siswi SMP N 1 Muaro Jambi kelas VIII A dan VIII B. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan di analisis menggunakan dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil dari data angket diolah menggunakan software atau aplikasi SPSS. Data kuantitatif yang berbentuk angka-angka kemudian dijumlahkan atau dikelompokan sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan. Bentuk instrumen yang digunakan adalah skala likert. Penelitian ini mengungkap bagaimana karakter siswa-siswi di SMP N 1 Muaro Jambi khususnya pada kelas VIII A dan VIII B, sehingga dapat diamati secara mendalam apakah mereka memiliki sikap nasionalisme atau semangat kebangsaan. Berdasarkan kesimpulan, semangat kebangsaat atau nasionalisme yang dimiliki oleh siswa-siswi di SMP N 1 Muaro Jambi khususnya kelas VIII A dan VIII B cenderung baik, hal tersebut dibuktikan dengan tingginya nilai rata-rata yang didapatkan yaitu pada kelas VIII A didapat nilai rata-ratanya sebesar 84,0667 dan pada kelas VIII B nilai rata-ratanya sebesar 84,0333

 

Kata kunci: Pendidikan, nasionalisme, siswa.

 

ABSTRACT

            The purpose of this study was to assess how the nationalism or nationalist attitude of Muaro Jambi Middle School 1 class VIII A and VIII B. depicted the research data in the form of quantitative data and analyzed using descriptive statistics. The results of the questionnaire data are processed using SPSS software or applications. Quantitative data in the form of numbers are then summed or grouped according to the form of the instrument used. The form of the instrument used uses a Likert scale. This research reveals how the character of students in Muaro Jambi Middle School 1 especially in class VIII A and VIII B, so that it can be observed in depth whether they have an attitude of nationalism or nationalism. Based on the conclusions, the nationalistic spirit or nationalism possessed by students in Muaro Jambi Middle School 1, especially class VIII A and VIII B tends to be good, this is evidenced by the high average values obtained, namely in grade VIII A the average value is obtained amounting to 84.0667 and in class VIII B the average value is 84.0333.

 Keywords: Education, nationalism, Student.

Keywords


Pendidikan; nasionalisme; siswa.

Full Text:

PDF

References


Affan, M Husin dan Maksum, Hafidh. 2016. Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016, Issn: 2337-9227

Alwan., Hendri, Menza dan Darmaji. 2009. Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa

MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika Vol. 02 No. 01, Juli 2017 P-ISSN:2477-7935 E-ISSN: 2548-6225.

Amir, Rudi. 2017. Membangun Karakter Dalam Perayaan Budaya Lokal Di Kabupaten Takalar. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 7, Nomor 3, Oktober 2017. p-ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721

Amrah. 2016. Mengulik Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume VI Nomor 2 Juni 2016. ISSN 2088-2092

Fitriyah., Putro, Setiadi Cahyono., dan Widiyaningtyas. 2018. Hubungan Pengetahuan Pedagogik Mahasiswa dan Keteladanan Guru Saat Kajian Praktik Lapangan dengan Persepsi Berkarir Sebagai Guru bagi Mahasiswa Podi S1 PTI FT UM. Jurnal Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Tahun 2018 e-ISSN: 2527-6891

Dewi, Trie Utari dan Handayani, Sri Lestari. 2019. Penanaman Nilai Karakter Melalui Permainan Outdoor Bagi Anak-Anak Usia Dini di Wilayah RW 01 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 9 Nomor 1, Februari 2019. p-ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721

Ismaya, Erik Aditya dan Romadlon, Farid Noor. 2017. Strategi Membentuk Karakter Semangat Kabangsaan Anggota Ambalan Kyai Mojo dan Nyi Ageng Serang. Jurnal Refleksi Edukatika 7 (2) (2017) P-Issn: 2087-9385 E-Issn: 2528-696x

Kurniawan, Dwi Agus., Astalini., dan Anggraini, Lika. 2018. Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA VOL. 19, NO. 1, Agustus 2018 VOL. 19, NO. 1, 124-139

Mariyanti dan Gafur, Abdul. 2018. Strategi Pembentukan Sikap Disiplin Warga Negara Muda Melalui Persekolahan. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 8, Nomor 1, Februari 2018. p-ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721

Misrawati. 2017. Peranan Guru Bk Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Layanan Bk Kelompok. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober 2017

Sari, Siska Diana. 2017. Cinta Tanah Air dan Salafus Shalih. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN 2598-5973 11 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta e-ISSN 2599-008X .

Siva, Hidayatul Qirom. 2014. Pengaruh Metode Role Playing Dan Ceramah Bervariasi Pada Mata Pelajaran Ips Di Sd Negeri 2 Sentolo Dan Sd Negeri 3 Sentolo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta:Yogyakarta.

Sutiyono dan Suharno. 2017. Reformulasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. ISSN: 2302-433X

Rianto, Hadi dan Firmansyah, Syarif. 2017. Upaya Mewujudkan Pemahaman Nilai-Nilai Patriotisme Dalam Bersikap Mahasiswa Program Studi Ppkn Ikip Pgri Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 4, No. 1, Juni 2017. ISSN 2407-5299

Tamara, Liana Monalisa. 2016. Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 16, Nomor 1, April 2016

Vidianto, Inggar Drasnitya., Riyanto, Yatim., dan Nasution. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Sequenced Tema Berbagai Pekerjaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Tahun 2018 e-ISSN: 2527-6891

Widiatmaka, Pipit. 2016. Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Agama Islam. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 1, Juli 2016 ISSN 2527-7057


Article Metrics

Abstract view : 642 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Lois Kusumawati Setiawan, Sardjo Sardjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by