https://ojs.unm.ac.id/pubpend/issue/feedPublikasi Pendidikan2024-03-17T14:16:28+08:00Muhammad Asrul Sulthanpublikan@unm.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan</strong> (<strong><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1298111264&126&&" target="_blank">ISSN <span>2088-2092</span> Print</a>, <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1479720531&76&&" target="_blank"><strong>ISSN <span>2548-6721 Online</span></strong></a></strong>) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October.</p><p><strong>Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan</strong> in collaboration with the Indonesian PGSD Lecturer Association (<strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1sqv653JELssDNmuyXflGX4UVhfYlvY_0/view?usp=sharing">Himpunan Dosen PGSD Indonesia /HDPGSDI</a></strong>), currently in the <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/248"><strong>SINTA 4</strong> </a>list. We are also indexed in <strong><a href="https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=I3jGTfgAAAAJ">Google Scholar</a>, <a href="https://search.crossref.org/?q=publikasi+pendidikan">Crossref</a>, <a href="http://onesearch.id/Search/Results?lookfor=2548-6721">OneSearch (Perpusnas)</a>, <a href="http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/4327">Garuda</a></strong> and others.</p><p><span><strong>Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan</strong> in collaboration</span><span id="result_box" lang="en"> with <a href="https://drive.google.com/file/d/1sqv653JELssDNmuyXflGX4UVhfYlvY_0/view?usp=sharing" target="_blank">HDPGSDI</a></span></p>https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/51847Pengenalan Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Ampelgading2024-03-17T14:16:28+08:00mila aftinamilaaftina@mhs.uingusdur.ac.id<p>Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan bahasa arab melalui pembelajaran pengenalan dengan metode bernyanyi pada anak usia sekolah dasar di Desa Ampelgading Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Selain itu tujuan yang lain adalah untuk mengetahui proses belajar mengajar bahasa Arab melalui metode bernyanyi pada anak usia sekolah dasar di Desa Ampelgading Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Proses kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode seperti bernyanyi sambil bermain, bernyanyi dengan menggunakan Gerakan, dan bernyanyi dengan menggunakan media pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah; (1) Melalui nyanyian yang disampaikan dengan metode bermain yaitu bernyanyi dengan gerakan, maka anak-anak usia sekolah dasar dapat dengan mudah mengenal kosata-kosakata bahasa Arab; (2) Anak-anak usia sekolah dasar memiliki minat yang tinggi dalam mengenal bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari antusias anak-anak ketika menyanyikan lagu berbahasa Arab yang diajarkan; (3) Lirik lagu pendek dan bahasa yang digunakan mudah sehingga siswa dengan mudah mencerna dan mengucapkan kosakata bahasa Arab.</p><p><strong> </strong></p><p><strong>Kata kunci</strong>: <em>pengenalan, bahasa arab, bernyanyi, sekolah dasar</em></p>2024-03-17T14:16:28+08:00Copyright (c) 2024 mila aftinahttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/37570Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Dan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Di Masa Endemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar2024-03-17T13:22:22+08:00Dede Abdul Azisazisabduldede@gmail.comarrahim arrahim arrahimarrahimtasrif89@gmail.comYudi Budianti Budiantiyudibudianti24@gmail.comKori Sundari Sundarikorisundari1972@gmail.comaningsih aningsih aningsihaningunisma@gmail.comRini Endah Sugihartiriniendahsugiharti@gmail.comRima Rikmasari Rikmasarir.rikmasari@gmail.com<p>Pengabdian Kepada Msyarakat ini memiliki latar belakang yang dialami oleh mitra bahwa (1) minimnya kompetensi guru dalam mengimpelemntasikan kurikulum merdeka dan evaluasi terhadap pertemuan tatap muka terbatas (PTMT), (2) kurangnya kemapuan guru dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dan Evaluasi terhadap PTMT, (3) kurang mampunya guru, staf dan kepala sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka dis ekolah dasar, (4) adanya kendala dalam membuat desain pembelajaran yang menarik berbasis kurikulum merdeka. Alternatif solusi yang diberikan dan dilakukan melalui kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini adalah mengadaan Workshop untuk mengimpelementasikan kurikulum merdeka dan evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bagi Guru, Staf dan Kepala Sekolah SDN Sukamaju 01 Desa Sukamaju Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Target luaran pengabdian ini berupa perantara pengadaan Pelatihan dan bimbingan strategi implementasi kurikulum merdeka serta pembuatan perangkat pembelajaran, desain pembelajaran berbasis kurikulum merdeka untuk Guru, staf, dan Kepala Sekolah. Metodologi pengabdian ini berupa diskusi, ceramah, problem based learning dan simulasi/prakterk. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan berupa memberikan pemahaman dan pengintegrasian dalam menginplementasikan secara bersama kurikulum merdeka dan penggunaan beberapa tools seperti Canva, Az Screen Recorder, Andromo untuk membuat dan mendesain perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka yang nanti akan digunaan oleh Guru ketika proses pembelajaran. </p><p> </p>2024-03-17T13:22:21+08:00Copyright (c) 2024 Dede Abdul Azis, arrahim arrahim arrahim, Yudi Budianti Budianti, Kori Sundari Sundari, aningsih aningsih aningsih, Rini Endah Sugiharti, Rima Rikmasari Rikmasarihttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/33988Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Adobe Flash Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sekolah Dasar2024-03-12T18:59:07+08:00Dina Aprianad33.nadhyn@gmail.comMusabihatul Kudsiahmusabihatul@gmail.comMijahamuddin alwimijahamuddin.alwi@gmail.comArif rahman Hakimarif_pd@hamzanwadi.ac.idAnugerah Firdausanugerahfirdaus55@gmail.com<p><em> This development research aims to describe the steps to develop learning media for educational games based on Adobe Flash in the mixed arithmetic operation material for grade IV elementary schools that meet the criteria of validity, practicality and effectiveness. This research is a type of research and development (Research and Development), the steps are guided by the ADDEI model, namely: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5)Evaluation. The subjects of this study were 12 fourth grade students of SDN 5 Bungtiang. The instrument used to measure the validity of the Learning Media that was developed was an assessment questionnaire by material experts and media experts, to measure the practical aspects of the Adobe Flash-based Educational Game Learning Media. The validity of the Learning Media is assessed from the expert's assessment with a maximum score of 4 for each statement of the material expert getting a 90% ideal percentage and the media expert gets an ideal percentage of 87.5% which means valid, while the student response questionnaire to the Adobe Flash-Based Educational Game Learning Media gets a percentage ideal of 61% which means that it is interesting and the learning media for the Adobe Flash-based Educational Game developed are suitable for use in the learning process.</em></p>2024-03-12T15:10:01+08:00Copyright (c) 2024 Dina Apriana, Musabihatul Kudsiah, Mijahamuddin alwi, Arif rahman Hakim, Anugerah Firdaushttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/57788Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Sekolah Dasar2024-02-10T11:30:23+08:00Arifin Manggauarifin.manggau@gmail.comBhakti Prima Findiga Hermuttaqienbhakti@unm.ac.id<span lang="EN-US">Tujuan dari penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini melalui nyayian royong di Sulawesi selatan. </span><span lang="EN-US">Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian interdisiplin yaitu dengan menggunakan lebih dari satu disiplin ilmu menjadi satu. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan indepth interview serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa royong digunakan sebagai media pola asuh penanaman nilai-nilai Karakter pada anak Sekolah dasar, nilai-nilai yang terkandung didalamnya adalah penanaman budi pekerti etika yang baik. Lagu pengantar tidur (Royong), merupakan pola asuh seorang ibu/ nenek kepada anak/ cucunya karena isi/ lirik lagunya mengandung ajaran moral, nasehat atau doa-doa untuk anaknya yang dijadikan salah satu cara membuat anak selalu ingat akan petuah/ ajaran yang diucapkan ibu/ neneknya.</span>2023-12-22T07:40:47+08:00Copyright (c) 2023 Arifin Manggau, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqienhttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/57533Peningkatan Kreativitas melalui Kegiatan Menggambar dan Mewarnai pada Siswa Sekolah Dasar2024-02-10T11:30:23+08:00Jalil Jaliljalil@unm.ac.id<p>Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 60 Majene. Masalah yang dijadikan sebagai tujuan penelitian adalah: (1) pengelolaan pembelajaran menggambar dan mewarnai di tingkat sekolah dasar kurang dapat meningkatkan kreatifitas siswa., (2) beberapa sekolah yang memiliki siswa dalan keadaan ekonomi lemah tidak sanggup untuk membeli bahan pewarna untuk pembelajaran menggambar dan mewarnai., (3) tidak adanya pelatihan menggambar dan mewarnai yang dibuat sedemikian rupa agar lebih menyenangkan untuk tingkatan sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah: (1) diskusi awal, (2) diskusi bahan pewarna alam, (3) persiapan bahan, (4) pelaksanaan kegiatan, (5) praktek, (6) evaluasi, dan (7) pameran. Hasil yang dicapai adalah (1) kegiatan ini menghasilkan beberapa perubahan kepada peserta, yakni; peningkatan kreatifitas, khususnya dalam menentukan bahan pewarna yang dibuat sendiri dari lingkungan sekitar mereka, (2) kegiatan menggambar dan mewarnai ini meningkatkan kreatifitas terhadap siswa di SD Negeri 60 Majene.</p>2023-12-19T02:19:02+08:00Copyright (c) 2023 Jalil Jalilhttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/44100Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Bullying Untuk Anak Sekolah Dasar Dengan Sosialisasi Di Sekolah Dasar Desa Selat2024-02-10T11:30:23+08:00Devi Octarinadevisuryanti31@gmail.com<p>Bullying perilaku kekerasan yang dilakukan oleh seseorang orang atau sekelompok orang dengan secara sengaja dan terus menerus. Bullying dapat terjadi di lingkungan sekitar kita, salah satunya di lingkungan sekolah dasar. Mulai dari sekedar mengejek temannya, memukul, mencubit, menjambak dan menjegal temannya saat sedang berjalan. Sehingga anak-anak tersebut memerlukan pemahaman mengenai bullying. Berdasarkan observasi ke sekolah-sekolah yang berada di Desa Selat, masih ada beberapa siswa yang melakukan tindakan yang mengarah kepada bullying dan mereka belum memahami bullying. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi agar mereka paham mengenai bullying. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan edukasi kepada anak sekolah dasar mengenai bullying dan dampak yang ditimbulkan oleh bullying di Sekolah Dasar Desa Selat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi ke sekolah-sekolah yang berada di Desa Selat. Hasil pengabdian ini menunjukkan para siswa sekolah dasar di Desa Selat sudah memahami pengertian bullying dan dampak bullying. Kesimpulan dengan dilakukannya pengabdian ini siswa sekolah dasar telah dibekali pemahaman dalam mengenai bullying. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para siswa dapat memahami bahaya bullying.</p>2023-12-12T07:40:42+08:00Copyright (c) 2023 Devi Octarinahttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/57077Penggunaan Kartu Bergambar Berbasis Qr Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 35 Sangtempe2024-02-10T11:30:23+08:00Syamsiah Djagasyamsiahdjaga@gmail.comSitti Hafiyah Nasrihafiyahnasri24@gmail.comSuarlin Suarlinalfariya.unm@gmail.comBahar Baharbahar@gmail.com<span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kartu bergambar berbasis QR Code men ingkatkan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 35 Sangtempe Kec Curio Kab Enrekang dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Sangtempe tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Pada siklus I hasil penelitian observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C), observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, dimana hasil penelitian observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B), observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu bergambar berbasis QR Code dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 35 Sangtempe Kec Curio Kab Enrekang.</span>2023-12-12T07:40:42+08:00Copyright (c) 2023 Syamsiah Djaga, Sitti Hafiyah Nasri, Suarlin Suarlin, Bahar Baharhttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/38636Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Tematik Interaktif Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru di SD Musi Rawas Utara (Muratara)2024-02-10T11:30:23+08:00Vina Amilia Suganda Mvinaamilia@fkip.unsri.ac.id<p>Perkembangan teknologi saat ini harus siap diterima oleh guru dimana saja berada, sehingga pengetahuan dan kemampuan dalam penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi perlu dimiliki oleh guru. Mampu merancang, dan membuat serta menggunakan media dan evaluasi pembelajaran interaktif merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan oleh setiap guru, terkhusus guru di Sekolah Dasar. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan program studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya diharapkan dapat membantu guru SD di Muratara sejumlah 20 orang untuk dapat membuat dan menggunakan media pembelajaran tematik interaktif kurikulum 2013. Pelatihan pembuatan dan penggunaan media dan evaluasi pembelajaran tematik interaktif bagi guru di Sekolah Dasar kabupaten Muratara berdampak positif terhadap pengetahuan dan pengembangan diri pada guru. Dampak yang positif terlihat dari segi pengetahuan yaitu terdapat peningkatan pemahaman para guru terhadap media dan evaluasi pembelajaran tematik interaktif dari hasil tes awal dan tes akhir peserta yaitu peserta yang mendapatkan nilai ≥75 pada tes awal sebanyak 5 orang atau 25%, etelah pelatihan hasil tes akhir peserta menunjukkan 19 peserta yang mendapatkan nilai ≥75 atau sebesar 95%. Pemahaman dari perancangan dan pembuatan media dan evaluasi pembelajaran tematik interaktif bermanfaat untuk membantu peserta dalam proses pembelajaran di kelas sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal.</p><p><strong> </strong></p><p><strong>Kata Kunci</strong>: media pembelajaran interaktif, tematik, kurikulum 2013</p>2023-12-12T07:40:41+08:00Copyright (c) 2023 Vina Amilia Suganda Mhttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/51764Training on Preparation of Electronic-Based Teaching Materials for Teachers in Muara Gembong District, Bekasi Regency, West Java2024-02-10T11:30:23+08:00Arris Maulanaarrismaulana@unj.ac.idShilmi Arifahshilmiarifah@unj.ac.idArief Saefudinasaefudin@unj.ac.idRiyan Arthurarthur@unj.ac.idAdila Joya PuspitaAdilaJoyaPuspita_1503619055@mhs.unj.ac.idFirros Hirzyfirroshirzy_1101621059@mhs.unj.ac.id<p>The development of science and technology is growing rapidly in the world of education. Thus, the government and educational institutions in Indonesia have increased the development of teaching materials, through increasing teacher professionalism in making interesting, creative and innovative teaching materials aimed at improving the quality of teaching materials using technology in the form of electronic devices such as computers, tablets and smartphones. The purpose of this research is to provide guidance to the teachers of SMA Negeri 1 Muara Gembong regarding the preparation of teaching materials for teachers according to the subjects taught by utilizing technology, namely the Canva media design. The method used in carrying out this mentoring activity is varied lectures, direct practice of developing teaching materials, and mentoring the application of teaching materials that have been made in learning. The population in this study were teachers at SMA Negeri 1 Muara Gembong with a total sample of 25 participants or 25 teachers from various subjects taught. The training took place in one of the Muara Gembong 1 Public High School classes for approximately one day. The instrument used in this study was a questionnaire in the form of a survey of participants' satisfaction with the material that had been given by the speaker and presented. So, the results obtained were that the material presented was very useful and the participants wanted to hold another training on the preparation of electronic-based teaching materials because it was very useful for the teachers of SMA Negeri 1 Muara Gembong.</p>2023-12-12T07:40:41+08:00Copyright (c) 2023 Arris Maulana, Shilmi Arifah, Arief Saefudin, Riyan Arthur, Adila Joya Puspita, Firros Hirzyhttps://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/56769Implementasi Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kurikulum 2013 Di SD Negeri 3 Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap2024-02-10T11:30:23+08:00Andi Ihsanandi.ihsan@unm.ac.id<span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan secara deskriptif pembelajaran seni budaya </span><span lang="EN-US">berbasis kurikulum 2013 di SD Negeri 3 Amparita Kecamatan Tellu Limpoe kabupaten Sidrap. Penelitian in Abdallah penalties descriptive dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data, display dan selanjutnya verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan </span><span lang="EN-US">P</span><span lang="EN-US">ela</span><span lang="EN-US">k<span>s</span><span>a</span>n<span>a</span><span>a</span>n <span>p</span><span>em</span>b<span>e</span><span>la</span><span>j</span><span>a</span>r<span>a</span>n <span>s</span><span>e</span><span>n</span>i bu<span>d</span><span>a</span><span>y</span>a</span><span lang="EN-US">b<span>el</span><span>u</span>m b<span>e</span>r<span>ja</span><span>l</span><span>a</span>n d<span>e</span>n<span>g</span><span>a</span>n <span>ma</span>k<span>s</span><span>i</span><span>mal</span>. <span>P</span><span>a</span>da <span>ta</span>h<span>a</span>p <span>p</span><span>ela</span>k<span>s</span><span>a</span><span>n</span><span>aa</span>n <span>p</span><span>e</span><span>m</span>b<span>el</span><span>a</span><span>ja</span>r<span>a</span>n <span>s</span><span>e</span>ni bu<span>d</span><span>a</span><span>y</span>a <span>meli</span>pu<span>ti</span>: 1)p<span>e</span>n<span>e</span>r<span>a</span>p<span>a</span>n p<span>e</span>nd<span>e</span>k<span>a</span><span>t</span><span>a</span>n <span>a</span><span>t</span><span>a</span>u <span>s</span><span>t</span>r<span>a</span><span>te</span><span>g</span>i p<span>em</span>b<span>e</span><span>la</span><span>j</span><span>a</span>r<span>a</span>n <span>y</span><span>a</span><span>n</span>g <span>e</span>f<span>e</span>k<span>ti</span>f; 2) <span>m</span><span>ema</span>n<span>f</span><span>a</span><span>a</span><span>t</span>k<span>a</span>n <span>s</span>u<span>m</span>b<span>e</span>r b<span>ela</span><span>j</span><span>a</span>r<span>/</span><span>me</span>d<span>i</span>a d<span>al</span><span>a</span>m p<span>em</span><span>b</span><span>el</span><span>a</span><span>ja</span>r<span>a</span>n, <span>d</span><span>a</span>n 3) <span>mem</span><span>i</span><span>c</span>u d<span>a</span>n <span>m</span><span>e</span><span>me</span><span>l</span><span>i</span>h<span>a</span>ra <span>k</span><span>ete</span><span>r</span><span>li</span>b<span>a</span><span>ta</span>n <span>s</span><span>i</span><span>sw</span>a d<span>ala</span>m <span>p</span><span>em</span>b<span>e</span><span>la</span><span>j</span><span>a</span>r<span>a</span>n. <span>S</span><span>e</span>d<span>a</span>n<span>g</span>k<span>a</span>n p<span>a</span>da</span><span lang="EN-US">t</span><span lang="EN-US">a</span><span lang="EN-US">h<span>a</span>p p<span>e</span>n<span>il</span><span>a</span><span>ia</span>n <span>a</span><span>t</span><span>a</span>u <span>e</span><span>v</span><span>al</span>u<span>a</span><span>s</span>i</span><span lang="EN-US">p<span>e</span><span>m</span>b<span>e</span><span>l</span><span>aja</span><span>r</span><span>a</span>n, <span>m</span><span>eli</span>pu<span>t</span><span>i</span>:1) <span>g</span>uru</span><span lang="EN-US">s</span><span lang="EN-US">e</span><span lang="EN-US">ni bud<span>a</span><span>y</span>a <span>me</span>ng<span>g</span>un<span>a</span>k<span>a</span>n b<span>e</span>rb<span>a</span>g<span>a</span>i <span>s</span><span>t</span>r<span>ate</span><span>g</span>i d<span>a</span>n <span>m</span><span>e</span><span>t</span>ode p<span>e</span>n<span>i</span><span>la</span><span>i</span><span>a</span>n un<span>t</span>uk <span>m</span><span>e</span><span>ma</span>n<span>ta</span>u k<span>emaj</span><span>u</span><span>a</span>n d<span>a</span>n h<span>a</span><span>s</span><span>i</span>l b<span>e</span><span>la</span><span>j</span><span>a</span>r p<span>e</span><span>s</span><span>e</span>r<span>t</span>a d<span>i</span>d<span>i</span>k <span>d</span><span>ala</span>m <span>m</span><span>e</span>n<span>c</span><span>a</span>p<span>a</span>i ko<span>m</span><span>p</span><span>ete</span>n<span>s</span>i <span>t</span><span>e</span>r<span>te</span><span>n</span><span>t</span>u <span>s</span><span>e</span>b<span>a</span><span>g</span><span>aima</span><span>n</span>a <span>y</span><span>a</span><span>n</span>g <span>te</span>r<span>t</span>u<span>li</span>s d<span>a</span><span>l</span><span>a</span>m</span><span lang="EN-US">R<span>PP</span>;</span><span lang="EN-US">2)</span><span lang="EN-US">g</span><span lang="EN-US">uru</span><span lang="EN-US">s</span><span lang="EN-US">e</span><span lang="EN-US">ni <span>b</span>ud<span>a</span><span>y</span>a</span><span lang="EN-US">me</span><span lang="EN-US">r<span>a</span>n<span>ca</span>ng <span>al</span><span>a</span>t <span>e</span><span>v</span><span>al</span>u<span>a</span><span>s</span>i un<span>t</span>uk <span>m</span><span>e</span>n<span>g</span>ukur k<span>emaj</span><span>u</span><span>a</span>n d<span>a</span>n <span>k</span><span>e</span>b<span>e</span>rh<span>a</span><span>s</span><span>i</span><span>la</span>n b<span>e</span><span>la</span><span>j</span><span>a</span>r p<span>e</span><span>s</span><span>e</span>r<span>t</span>a d<span>i</span>d<span>i</span><span>k</span>;</span><span lang="EN-US">3) <span>g</span>uru <span>s</span><span>e</span>ni</span><span lang="EN-US">bud<span>a</span><span>y</span>a<span> mema</span><span>n</span><span>f</span><span>aat</span>k<span>a</span>n b<span>e</span>rb<span>a</span><span>g</span><span>a</span>i</span><span lang="EN-US">h<span>a</span><span>s</span><span>i</span>l</span><span lang="EN-US">p</span><span lang="EN-US">e</span><span lang="EN-US">n<span>i</span><span>l</span><span>aia</span>n</span><span lang="EN-US">u<span>n</span><span>t</span>uk</span><span lang="EN-US">member</span><span lang="EN-US">u</span><span lang="EN-US">m</span><span lang="EN-US">p<span>a</span>n</span><span lang="EN-US">b<span>a</span><span>l</span><span>i</span>k</span><span lang="EN-US">b<span>a</span><span>g</span>i</span><span lang="EN-US">p<span>e</span><span>s</span><span>e</span>r<span>t</span>a d<span>i</span>d<span>i</span>k <span>te</span>n<span>t</span><span>a</span>ng k<span>emaj</span>u<span>a</span>n b<span>ela</span><span>j</span><span>a</span>rn<span>y</span><span>a. </span><span>F</span><span>a</span>k<span>t</span>o<span>r</span><span>-</span>f<span>a</span>k<span>t</span>or p<span>e</span>n<span>g</span>h<span>am</span>b<span>a</span>t <span>d</span><span>a</span>n <span>p</span><span>e</span>ndukung p<span>ela</span>k<span>s</span><span>a</span>n<span>a</span><span>a</span>n <span>p</span><span>em</span><span>b</span><span>ela</span><span>j</span><span>a</span>r<span>a</span>n <span>s</span><span>e</span>ni bud<span>a</span><span>y</span>a</span><span lang="EN-US">a</span><span lang="EN-US">d</span><span lang="EN-US">ala</span><span lang="EN-US">h: <span>a</span>)<span>F</span><span>a</span>k<span>t</span>orp<span>e</span>n<span>g</span>h<span>am</span>b<span>at</span>,<span>m</span><span>el</span><span>i</span><span>p</span>u<span>ti</span>:</span><span lang="EN-US">1) kur<span>a</span>ng<span>y</span>a <span>s</span>u<span>m</span>b<span>e</span>r d<span>a</span><span>y</span>a<span> ma</span>nu<span>s</span><span>i</span>a(<span>g</span>ur<span>u</span>) <span>s</span><span>e</span>nibud<span>a</span><span>y</span><span>a</span>;d<span>a</span>n 2) <span>s</span><span>a</span>r<span>a</span>nad<span>a</span>n pr<span>a</span><span>s</span><span>a</span>r<span>a</span>na p<span>em</span>b<span>e</span><span>l</span><span>aja</span><span>r</span><span>a</span>n</span><span lang="EN-US">s</span><span lang="EN-US">e</span><span lang="EN-US">ni</span><span lang="EN-US">bu<span>d</span><span>a</span><span>y</span>a</span><span lang="EN-US">y</span><span lang="EN-US">a</span><span lang="EN-US">n</span><span lang="EN-US">g <span>te</span>rb<span>ata</span><span>s</span>.<span>b</span>) <span>F</span><span>a</span>k<span>t</span>or</span><span lang="EN-US">p<span>e</span>ndukun<span>g</span>,<span>meli</span>pu<span>ti</span>:</span><span lang="EN-US">1)</span><span lang="EN-US">k<span>e</span>p<span>emim</span>p<span>i</span>n<span>a</span>n k<span>e</span>p<span>al</span>a</span><span lang="EN-US">s</span><span lang="EN-US">e</span><span lang="EN-US">k<span>o</span><span>la</span>h;2) kon<span>d</span><span>i</span><span>s</span>i</span><span lang="EN-US">f<span>i</span><span>s</span><span>i</span>k</span><span lang="EN-US">(k<span>e</span><span>s</span><span>e</span><span>h</span><span>a</span><span>ta</span>n);</span><span lang="EN-US">3</span><span lang="EN-US">)<span>t</span><span>i</span>n<span>g</span>k<span>a</span>t</span><span lang="EN-US">p<span>e</span>nd<span>i</span>d<span>i</span><span>k</span><span>a</span>n</span><span lang="EN-US">g</span><span lang="EN-US">uru;4) p<span>e</span>r<span>a</span>n<span>g</span>k<span>a</span>t p<span>em</span>b<span>e</span><span>l</span><span>aja</span><span>r</span><span>a</span>n;5)</span><span lang="EN-US">ma</span><span lang="EN-US">t</span><span lang="EN-US">e</span><span lang="EN-US">ri</span><span lang="EN-US">p<span>e</span><span>m</span>b<span>e</span><span>l</span><span>aja</span><span>r</span><span>a</span>n;6)</span><span lang="EN-US">i</span><span lang="EN-US">k<span>li</span>m</span><span lang="EN-US">s</span><span lang="EN-US">e</span><span lang="EN-US">k<span>o</span><span>la</span>h;</span><span lang="EN-US">d</span><span lang="EN-US">a</span><span lang="EN-US">n 7)<span>m</span>o<span>t</span><span>i</span><span>v</span><span>a</span><span>s</span>i <span>g</span>uru.</span><span lang="EN-US">Adanya berbagai strategi yang dilakukan dalam melestarikan kecapi tradisional melalui pembelajaran di sekolah dasar yaitu Pembelajaran secara bertahap pada tingkat kelas yang berbeda baik teori maupun praktek, penggunaan kecapi dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran fisik siswa, serta pelibatan seniman kecapi dalam proses pembelajaran di sekolah.</span>2023-12-12T07:40:40+08:00Copyright (c) 2023 ANDI IHSAN