Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar
(1) AMIK TUNAS BANGSA
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar, dan pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 orang. Metode yang digunakan adalah metode sampling jenuh yaitu teknik pengumpulan data melalui wawancara, survei dan penyebaran kuesioner kepada responden. Data yang telah didistribusikan kemudian diproses menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (2,390> 1,991), lingkungan belajar parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (4,229> 1,991). , dan hasil penelitian dan lingkungan belajar secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, Fhitung> Ftabel (25,872> 2,720).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baihaqi dkk, 2005.Psikiatri ( Konsep Dasar dan Gangguan-gangguan ). Bandung : Refika Aditama.
Dariyo, Agus. (2008). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT Grasindo. Departemen Pendidikan Nasional.(2009). Sistem Pendidikan.
Darsono, Max dkk. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: IKIP
Depdiknas. 2005. Undang-Undang No.14 Tahun 2005.Guru dan Dosen.Bandung. Fokusmedia.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002) Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunawan, Ary H., 2000, Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Hadikusumo, Kunaryo, dkk. 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Hakim, Thursan, 2000, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Pupsa Swara.
Hamid, Sanusi. 2015. Manajemen Sumber Daya Lamjutan. Yogyakarta: Deepublish.
Handayani, Santhy. 2005. Hubungan tentang Kinerja Guru PPL Dengan Motivasi Belajar Siswa Tingkat I SMK Negeri 5 Bandung. Skripsi FPTK UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Sanadi, Lukman. 2013.Pengaruh Motivasi dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)Vol 1 No.3 E-Journal UNESA
Sardiman AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 10262 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bahrudi Efendi Damanik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.