Pelatihan Pemanfaatan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Bagi Guru PPKn

Muhammad Japar(1*), Nadiroh Nadiroh(2), Ade Dwi Utami(3), Hermanto Hermanto(4), Karisdha Pradityana(5), Heni Rochimah(6),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(5) Universitas Islam 45 Bekasi
(6) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.63075

Abstract


Permasalahan yang dihadapi mitra pengabdian meliputi minimnya pemahaman, pengalaman, dan keterampilan guru dalam memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber belajar, serta kurangnya kegiatan pelatihan dan pendampingan terkait hal tersebut. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan pemanfaatan kearifan lokal untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi guru PPKN SMP di DKI Jakarta. Metode yang digunakan mencakup Focus Group Discussion (FGD) dan identifikasi masalah, perancangan pelatihan, pelaksanaan sesi indoor (diskusi dan seminar) dan outdoor (studi budaya di Kampung Badui), serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta, terdiri dari 25 guru PPKN dan 5 panitia pelaksana. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru mengenai pemanfaatan kearifan lokal dengan skor 76% dalam kategori sangat setuju, dan materi dianggap sangat menarik dengan skor 72% dalam kategori sangat setuju. Observasi langsung di Suku Badui memberikan pengalaman nyata bagi guru.

Keywords


Pelatihan, Kearifan Lokal, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Budiman, A., Sabaria, R., & Purnomo. (2020). Model Pelatihan Tari : Penguatan Kompetensi Pedagogik & Profesionalisme Guru. Jurnal Panggung, 30(4), 532–548.

Chotimah, U., Alfiandra, A., Faisal, E. El, Sulkipani, S., Camelia, C., & Arpannudin, I. (2018). Pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan multikultural. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 19–25. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17288

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Hidayati, S., Noor, I. H. M., Sabon, S. S., Joko, B. S., & Wijayanti, K (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA. Jakarta: Pusat Penelitian dan Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Insyiroh, I. M., Hariani, E. P., & Mubaroq, S. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal sebagai Solusi Menghadapi Kesenjangan Digital dalam Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi di Indonesia. Indonesian Journal of Sosial Development, 1(1), 51–72. Retrieved from https://docplayer.info/206465057-Abstrak-abstract alumni-fisipol-universitas-gadjah-mada-korespondensi.html

Japar, M., Syarifah, S., Fadhillah, D. N., & Damayanti, A. (2021). Kajian Masyarakat Indonesia & Multikulturalisme Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: Jakad Publishing International Book Publisherl.

Japar, M., Utami, A. D., Casmana, A. R., Djunaidi, & Fadhillah, D. N. (2022). Membangun Kesadaran Berkonstitusi melalui Pelatihan Digital Citizenship. Jurnal Karya Abdi Masyarakat Universitas Jambi, 6(1), 46–53.

Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Semarang. Jurnal Varia Humanika, 1(1), 15–20. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/vh/article/view/35843

Listia, R., Arief, Y. Al, Amelia, R., Muslimawati, D. A., Anwar, M. N., & Damayanti, S. A. (2022). Pelatihan Pembuatan Storyjumper dengan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kelompok Kerja Guru Gugus Kuin Utara. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 413–426.

Naitilia, C. A., Nitteb, Y. M., Buluc, V. R., Benud, A. Y., & Dolloke, V. V. Y. (2023). Lokakarya Pemberdayaan Kearifan Lokal Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus Oenamo B Kabupaten TTU. Jurnal Pemimpin -Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan 3(2), 49–53.

Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780

Sagala. (2010). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi, dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Undang-Undang Nomor 14 tentang guru dan dosen Tahun 2005 (p. 2). (2005).


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Muhammad Japar, Nadiroh Nadiroh, Ade Dwi Utami, Hermanto Hermanto, Karisdha Pradityana, Heni Rochimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by