Optimalisasi Pendampingan Kegiatan Pramuka di SDN 1 Duri Ponorogo Guna Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik

Endah Setyowati(1*), Adi Kasmiko(2), Febbylian Nadila Budiasti(3), Isna Nur Hamidah(4),

(1) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
(2) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
(3) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
(4) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.60948

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai upaya pendampingan kegiatan pramuka di SDN 1 Duri, Ponorogo. Optimalisasi pendampingan kegiatan pendampingan ini didasarkan atas kondisi peserta didik dan tenaga pendidik di SDN 1 Duri yang sudah memiliki dasar keterampilan dalam bidang kepramukaan, namun belum dikembangkan lagi karena kurangnya SDM yang mampu memberikan pelatihan. Kegiatan pengabdian masyarakat di SDN 1 Duri ini menggunakan pendekatan Asset  Based  Community-driven  Development  (ABCD). Hasil dari analisis aset dan potensi, maka tim pengabdian menjalankan program pendampingan kegiatan pramuka di SDN 1 Duri selama 1-2 bulan. Kegiatan pendampingan ini difokuskan pada pelatihan pionering, UPLAK (Upacara Pelaksanaan), dan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Hasil dari kegiatan pendampingan kegiatan pramuka ini adalah bahwa peserta didik menjadi semakin disiplin pada UPLAK dan PBB, serta adanya peningkatan kerapian dan kekuatan dalam temali pionering. Selain itu, bagi para peserta didik yang rutin mengikuti pendampingan pelatihan pramuka cenderung lebih disiplin terhadap waktu, cara berpakaian, kerapihan atau kebersihan diri, dan penyelesaian tugas belajar sebagai bentuk wujud peningkatan jiwa nasionalisme. Secara umum, kegiatan pendampingan kegiatan pramuka di SDN 1 Duri mendapatkan respon yang baik dan hasil yang positif, namun kegiatan pramuka di SDN 1 Duri perlu adanya konsistensi pelatihan agar dapat terus meningkatkan keterampilan dalam bidang kepramukaan.

Keywords


Nasionalisme; Pendampingan Pramuka; SDN 1 Duri

Full Text:

PDF

References


Dharmayana, I. W. B. (2021). PERAN PENDIDIKAN PRAMUKA DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 11-15 TAHUN. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Ramadhani, N., Dewi, A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Meningkatkan Nasionalisme dalam Karakter Pendidikan Kepramukaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1).

Setyowati, E., Nurcahyani, A., Prastika, D. F. A., & Salma, R. (2023). Pendampingan Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPN 3 Slahung Ponorogo Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dan Pembacaan Sholawat Nariyah. Journal of Research Applications in Community Service, 2(4), 111–117. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2391

Setyowati, E., Nurfaidah, E., . L., & Binti Latifah, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Santri TPQ Abdul Qadir Ponorogo melalui Pengenalan Tajwid dengan Metode Sorogan. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.56013/jak.v3i2.2423

Sho’im, A. N., & Ihyani., L. (2018). Hubungan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV Dan V SDN Banyubiru 01 Kabupaten Semarang. Jurnal Waspada, 3(1), 84–96.


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Endah Setyowati, Adi Kasmiko, Febbylian Nadila Budiasti, Isna Nur Hamidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by