Penguatan Kompetensi Guru PAI melalui Pelatihan Pembuatan Aplikasi BETA (Belajar Dari Peta) sebagai Media Edukasi Doa-doa Harian bagi Siswa SD

Ani Nur Aeni(1*), Nurdinah Hanifah(2), Dadan Djuanda(3), Maulana Maulana(4), Tiara Erlina(5), Diana Puspita Dewi(6), Fakhri Luqman Hadi(7), Safitri Ramadhani(8),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
(6) Universitas Pendidikan Indonesia
(7) Universitas Pendidikan Indonesia
(8) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.60157

Abstract


Pengabdian berbasis kepakaran bidang ilmu ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi guru PAI melalui pelatihan pembuatan aplikasi BETA (Belajar dari Peta) sebagai media edukasi doa’doa harian bagi siswa SD. Sasaran pengabdian dibatasi sebanyak 15 orang guru SD dengan 4 orang pelatih/instruktur selama 32 jam yang dilaksanakan pada 21-23 Juli 2023 di SDN Sukamaju. Materi pelatihan meliputi urgensi kompetensi guru PAI dalam membuat media pembelajaran, analisis KD PAI SD, materi doa-doa harian, jenis-jenis media pembelajaran, pengenalan berbagai aplikasi media pembelajaran, pengenalan aplikasi berbasis Android, pengenalan aplikasi BETA, desain aplikasi BETA dan penerapannya untuk media pembelajaran berbasis aplikasi Android di SD, pengisian konten dalam aplikasi BETA dan penerapannya untuk media pembelajaran berbasis aplikasi Android di SD, praktik pembuatan aplikasi Android di SD, dan latihan pembuatan untuk media pembelajaran berbasis aplikasi Android di SD. Hasil pengabdian ini adalah: 1) guru-guru dapat meng-upgrade kemampuan IT-nya dengan mengoptimalkan powerpoint dan beberapa aplikasi yang tersedia  (canva, youtube, Web2AK, VN) untuk pembuatan media pembelajaran bagi siswa SD, 2) cara melatih guru-guru untuk membuat media pembelajaran berupa aplikasi Android dilakukan dengan cara membimbing mereka dalam mempersiapkan perlengkapan sampai proses convert menjadi aplikasi Android. Peserta merasakan nilai manfaatnya dan berharap dapat mengikuti pelatihan-pelatihan membuat media pembelajaran berikutnya berbentuk aplikasi lainnya.


Keywords


Aplikasi BETA, Kompetensi Guru, Media pembelajaran interaktif, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur; Djuanda, Dadan; Maulana, M. (2022). Persepsi Guru PAI Tentang Media Pembelajaran di SD. In I. Sukamto (Ed.), Roseding Seminar Nasional Jurusan Ilmu Pendidikan (pp. 113–121). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Aeni, Ani Nur. Erlina, Tiara, Dewi, Diana Puspita, Hadi, Luqman Fakhri, Ramadhani, S. (2022). Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. JIQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117–129.

Ahmadi, F. (n.d.). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Aisyah, Siti,; Mulyani, M. (2020). Guru Zaman Now dan CAra Belajar Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. In Herdiana, Aam,; Roli, Tegar (Ed.), Pengembangan Pembelajaran PAI di Era Digital. Amerta Media.

Aliyah, J., Cholifah, M., Karoma, K., & Astuti, M. (2023). KONSEP DASAR INOVASI PENDIDIKAN DAN GLOBALISASI. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(5), 357–365.

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71–86.

Asiah, N. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui E-Learning di SMA Budaya Bandar Lampung. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Vol 6(1), 93.

Dewi, Nindian Puspa dan Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 124–130.

Dini, J. P. A. U. (2022). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Erlina, T., & Iswara, P. D. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android sebagai Media Membaca Permulaan Siswa SD Kelas I. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2). https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/1930

Hakim, M. L. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif DAlam PEmbelajaran Kosakata Bahasa Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2), 156–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v2i2.56

Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Daya Saing. Journal of Management in Education, 2(1), 10–19.

Ismail. (2019). Kompetensi Guru Mata Pelajaran PAI (Suatu Tinnjauan Teoretis). Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 1(1), 1–12.

Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109.

Ngongo, Verdinandus Lelu, :, Hidayat, T., & Wijayanto. (2019). Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999–1015.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep). 3(2), 133–141.

Risda, S. W. (2018). Konsep dan Pengembangan Pembelajaran Inovatif. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rusmayani, R. (2017). PROFESIONALISME GURU PAI DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Al-Maruf Denpasar). Widya Balina, 2(1), 1–15.

Sylvia, I. L. A., Purwati, S. T., Sriyami, Y., Th, S., & Rukiyem, S. T. (2021). Guru Hebat di Era Milenial. Penerbit Adab.

Tanjali, N. A. M. A. (2023). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 BADEGAN. IAIN Ponorogo.

Tiari, D. A., Suryani, N., & Suharno, S. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya. Teknodika, 14(1), 22. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i1.34696

Tim Penyusun Kamus. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ketiga). Balai Pustaka.

Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publishe.

Yasri, R. A., Ambiyar, A., & Mulianti, M. (2019). Penerapan Video Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i1.4923

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ani Nur Aeni, Nurdinah Hanifah, Dadan Djuanda, Maulana Maulana, Tiara Erlina, Diana Puspita Dewi, Fakhri Luqman Hadi, Safitri Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by