Pengaruh Psikoedukasi Terkait Empati Pada Siswa Sekolah Inklusi Berdasarkan Pendidikan Inklusi dan Jenis Kelamin
(1) Universitas Surabaya
(2) Universitas Surabaya
(3) Universitas Surabaya
(4) Universitas Surabaya
(5) Universitas Surabaya
(6) Universitas Surabaya
(7) Universitas Surabaya
(8) Universitas Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.43014
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(86), 1–10.
Bryant, B. K. (1982). An Index of Empathy for Children and Adolescents. Child Development, 53(2), 413–425. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.1982.tb01331.x
Cahyani, N. (2019). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi: Jurnal of Disability Studies, 6(02), 259-284.
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Hadijono, A. (2019, June 24). Nurani Keadilan dari Sekolah Inklusi SDN Ketintang 2 Surabaya. pwmu.co. Retrieved from https://pwmu.co/100122/06/24/nurani-keadilan-dari-sekolah-inklusi-sdn-ketintang-2-surabaya2/
Kumoro, I. (2016). Analisis urgensi metode pembelajaran bercerita bagi perkembangan empati anak di tk dharma wanita kendal tahun ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).
Komarudin, & Winarsih, T. (2021) ‘Psikoedukasi Meningkatkan Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Pada Setting Inklusi.’, Jurnal Dharma Bakti, p. 155
Lasa Aristu, A., Holgado Tello, F. P., Carrasco Ortiz, M. Á., & Del Barrio Gándara, M. V. (2008). The structure of Bryant’s empathy index for children: A cross-validation study. Spanish Journal of Psychology, 11(2), 670–677. https://doi.org/10.1017/s1138741600004674
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158
Rachmah, D. N. (2016). Empati Pada Pelaku Bullying. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i2.487
Sandra, O. N., & Zuhroh, L. (2021). Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.557
Sagita, D. (2016). Pengembangan Modul Empati Siswa Bagi Guru di Sekolah Inklusi. CALYPTRA, 5(1), 1-17.
Smith, J.D. (2013). Sekolah Inklusif. Bandung: Nuansa Cindekia.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi pemodelan rasch pada assessment pendidikan. Trim komunikata.
Toussaint, L., & Webb, J. R. (2005). Gender differences in the relationship between empathy and forgiveness. The Journal of social psychology, 145(6), 673-685.
Umayah, A. N., Ariyanto, A., & Yustisia, W. (2017). Pengaruh empati emosional terhadap perilaku prososial yang dimoderasi oleh jenis kelamin pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Sosial, 15(2), 72–83. https://doi.org/10.7454/jps.2017.7
Yuwanto, L. (2012). Pengantar metode penelitian eksperimen. Jakarta: Dwiputra Pustaka Jaya.
Article Metrics
Abstract view : 68 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elizabeth Joscelyn Purwanto, Ni Putu Ayu Cintya Kencana Dewi, Nyoman Kartika Sari, Nyoman Heryawan Marttama Yunantara Putra, Dewi Nur Wijayanti Mukti, Eva Bibiena Putri Arief, Kinanti Astria Purnama Putri, Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by