Pengaruh Psikoedukasi Terkait Empati Pada Siswa Sekolah Inklusi Berdasarkan Pendidikan Inklusi dan Jenis Kelamin

Elizabeth Joscelyn Purwanto(1), Ni Putu Ayu Cintya Kencana Dewi(2), Nyoman Kartika Sari(3), Nyoman Heryawan Marttama Yunantara Putra(4), Dewi Nur Wijayanti Mukti(5), Eva Bibiena Putri Arief(6), Kinanti Astria Purnama Putri(7), Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka(8*),

(1) Universitas Surabaya
(2) Universitas Surabaya
(3) Universitas Surabaya
(4) Universitas Surabaya
(5) Universitas Surabaya
(6) Universitas Surabaya
(7) Universitas Surabaya
(8) Universitas Surabaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.43014

Abstract


Empati adalah suatu perasaan manusia yang menjadi elemen dasar dari komponen kognitif dan afektif (emosional) serta digambarkan sebagai struktur yang multidimensi. Tujuan dari pengabdian ini adalah ingin melihat pengaruh pendidikan inklusi dan jenis kelamin terhadap empati siswa sekolah inklusi melalui modul psikoedukasi. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen yaitu one group pre-test and post-test design. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis dengan Rasch Model dan SPSS. Hasil penelitian dari paired t-test diketahui bahwa nilai t = -8.089, p < 0,05 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberian modul empati pada siswa SD inklusi. Pemberian psikoedukasi pada siswa inklusi perlu dilakukan khususnya untuk meningkatkan empati di dalam kehidupan siswa di sekolah inklusi. Guru dan orang tua memiliki peran yang besar dalam meningkatkan empati bagi setiap siswa.

Keywords


empati; inklusi; modul psikoedukasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(86), 1–10.

Bryant, B. K. (1982). An Index of Empathy for Children and Adolescents. Child Development, 53(2), 413–425. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.1982.tb01331.x

Cahyani, N. (2019). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi: Jurnal of Disability Studies, 6(02), 259-284.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Hadijono, A. (2019, June 24). Nurani Keadilan dari Sekolah Inklusi SDN Ketintang 2 Surabaya. pwmu.co. Retrieved from https://pwmu.co/100122/06/24/nurani-keadilan-dari-sekolah-inklusi-sdn-ketintang-2-surabaya2/

Kumoro, I. (2016). Analisis urgensi metode pembelajaran bercerita bagi perkembangan empati anak di tk dharma wanita kendal tahun ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Komarudin, & Winarsih, T. (2021) ‘Psikoedukasi Meningkatkan Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Pada Setting Inklusi.’, Jurnal Dharma Bakti, p. 155

Lasa Aristu, A., Holgado Tello, F. P., Carrasco Ortiz, M. Á., & Del Barrio Gándara, M. V. (2008). The structure of Bryant’s empathy index for children: A cross-validation study. Spanish Journal of Psychology, 11(2), 670–677. https://doi.org/10.1017/s1138741600004674

Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158

Rachmah, D. N. (2016). Empati Pada Pelaku Bullying. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i2.487

Sandra, O. N., & Zuhroh, L. (2021). Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.557

Sagita, D. (2016). Pengembangan Modul Empati Siswa Bagi Guru di Sekolah Inklusi. CALYPTRA, 5(1), 1-17.

Smith, J.D. (2013). Sekolah Inklusif. Bandung: Nuansa Cindekia.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi pemodelan rasch pada assessment pendidikan. Trim komunikata.

Toussaint, L., & Webb, J. R. (2005). Gender differences in the relationship between empathy and forgiveness. The Journal of social psychology, 145(6), 673-685.

Umayah, A. N., Ariyanto, A., & Yustisia, W. (2017). Pengaruh empati emosional terhadap perilaku prososial yang dimoderasi oleh jenis kelamin pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Sosial, 15(2), 72–83. https://doi.org/10.7454/jps.2017.7

Yuwanto, L. (2012). Pengantar metode penelitian eksperimen. Jakarta: Dwiputra Pustaka Jaya.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Elizabeth Joscelyn Purwanto, Ni Putu Ayu Cintya Kencana Dewi, Nyoman Kartika Sari, Nyoman Heryawan Marttama Yunantara Putra, Dewi Nur Wijayanti Mukti, Eva Bibiena Putri Arief, Kinanti Astria Purnama Putri, Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by