Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Di Kota Makassar

Nurhaedah Nurhaedah(1*), Syamsiah Djaga(2), St Nursiah(3), Khaerunnisa Khaerunnisa(4), Bahar Bahar(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Sawerigading Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.24375

Abstract


Pengaruh Pembelajaran Aktif tipe Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Kota Makassar Permasalahan dalam  penelitian  ini adalah  rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SD. 1) Bagaimanakah gambaran pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar pada siswa SD di Kota Makassar? 2) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran aktif  tipe Card Sort terhadap hasil belajar IPS siswa SD di Kota Makassar. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran aktif tipe card sort dan (2) hasil belajar IPS siswa (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup pembelajaran aktif tipe card sort dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPS. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa.  Seluruh populasi dalam penelitian merupakan subjek penelitian karena hanya terdiri dari satu kelompok dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan  pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS pada siswa SD penelitian ini adalah pembelajaran aktif tipe card sort memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Kota Makassar

Keywords


Pembelajaran aktif, tipe card sort, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Fuad, Z., & Zuraini. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di SD Muhammadiyah 09 Malang. Jurnal Tunas Bangsa, 4-5.

Al-tabany dan Trianto, I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

arifin, z. (2016). penelitian pendidikan . bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Awang, Rambu Ery Ana. 2016.Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Badrullah, d. (2016). Metodologi Penelitian. Makassar: Kretakupa.

Bundu, P. (2016). Asesmen Pembelajaran. Makassar: Hayla Press.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fadlilah, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Blok Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Balangan 1 Minggir Sleman Yogyakarta. Skripsi (0nline). diakses 18 Januari 2018.

Faradilla, Rizkia.2019.Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Ismail, Ayu. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Minat belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi . Makassar: Program Studi Pendidikan guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

K, M. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kahfi, Ashabul. 2019.Pengaruh Media Penggunaan Media Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Replika Aditama.

Makmun, K. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Misbahuddin. (2014). Analisis data penelitian statistik. jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muhammad, Thabroni. 2011. Belajar Dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktika Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional.

Mustikasari. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 30-40.

Pane, A., & Pasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Journal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03 No. 2 Desember 2017(2460-2345, 2442-6997), 334.

pasaribu, d. s., hendri, m., & Susanti, N. (2019, juli 01). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas X SMAN 10 muaro Jambi. Jurnal EduFisika, Vol. 02, 4-5. Retrieved Desember 07, 2019

Prabowo, A., Anggoro, R. P., Astuti, D., & Fahm, S. (2017). Interactive multimedia-based teaching material for 3-dimensional geometry. Journal of Physics : conf. series , 2-3.

Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, N. (2018). Pengembangan media Berbantuan Software Swishmax Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 72-73.

Sarjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta : UNY Press.

Siswanto, Budi. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelestarian otomatif smk di kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi. No 1 th.6.

soleh, m. r., nurajizah, s., & muryani, s. (2019, september). perancangan animasi interaktif prosedur merawat peralatan multimedia pada jurusan multimedia SMK BPS & K II. Jurnal Teknologi dan informasi, vol. 9 no.2, 139. doi:10.34010/jati.v9i2

sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan


Article Metrics

Abstract view : 204 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Nurhaedah Nurhaedah, Syamsiah Djaga, St Nursiah, Khaerunnisa Khaerunnisa, Bahar Bahar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by