Penumbuhan Literasi Budaya Lokal melalui Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar

Sundari Purwaningsih(1*), Pipit Prihartanti Suharto(2),

(1) Univrsitas Perjuangan Tasikmalaya
(2) Universitas Perjuangan Tasikmalaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.23476

Abstract


Untuk mempersiapkan diri menjadi warga dunia yang mampu bersaing di era globalisasi, literasi bahasa Inggris penting untuk dipelajari sejak dini. Selain itu, untuk dapat mempertahankan identitas bangsa di era yang mengharuskan kita bersosialisasi dan berinteraksi dengan individu lain dengan latar belakang budaya yang berbeda, literasi budaya lokal menjadi bekal lain yang juga perlu ditumbuhkan sejak dini. Untuk itu, kedua unsur tersebut dipertemukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan literasi budaya lokal melaui pembelajaran bahasa Inggris kepada nak-anak SD. Metode pelaksanaan kegatan ini terdiri dari lima tahapan yaitu penyusuan silabus, penyusunan lesson plan, diseminasi lesson plan kepada tentor, pelaksanaan bimbingan belajar bahasa Inggris, dan evaluasi. Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari anak-anak yang dapat dibuktikan dari hasil Exit Ticket yang diberikan pada tiap akhir pertemuan. Selain itu, anak-anak juga dapat membuat produk berupa Foldables yang berisi repertoar ungkapan dalam bahasa Inggris yang bertemakan tentang budaya lokal yang dipelajari pada setiap pertemuan, dan menceritakan isi Foldables tersebut melalui kegiatan Show and Tell dengan baik.


Keywords


literasi bahasa Inggris; literasi budaya lokal; anak-anak SD, Foldables

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, I.A. (2018). Sundanese local content integration in English for young learners’ classroom. ELT in Asia in the Digital Era: Global Citizenship and Identity – Madya et al. (Eds). London: Taylor & Francis Group.

Barnekow, D. J. (2009). 3D Graphic Organizers. USA: Scholastic Teaching Resources.

Lestari, A.L. (2003). Should English Be a Compulsory Subject in Primary Schools?. BAHASA DAN SENI, 31 (2).

Mahn, H., & John-Steiner, V. (2002). The Gift of Confidence: A Vygotskian View of Emotions. In G. Wells & G. Claxton (Eds.), Learning for life in the 21st century: Sociocultural.

Roberts, W. E. (2009). The Use of Cues in Multimedia Instructions to Reduce Cognitive Load. (Doctoral Dissertation) Tersedia: www.lib.ncsu.edu/resolver/1840.16/4434

Sudartini, S. (2012). Inserting Local Culture in English Language Teaching to Promote Character Education. Journal Pendidikan Karakter, 2 (1), 45-54. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1451

Zike, D. (n.d.). Dinah Zike’s Foldables. USA: Macmillan/McGraw-Hill.


Article Metrics

Abstract view : 322 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Sundari Purwaningsih, Pipit Prihartanti Suharto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by