Penerapan Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Warga Belajar Dalam Menangulangi Penularan Covid-19 Pada Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal

Rudi Amir Sabintang(1*), M Ali Latif Amri(2), Fatmawati Gaffar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.19533

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penerapan teknologi pembelajaran yang terdiri dari pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kemampuan warga Belajar dalam menanggulangi penularan Covid-19 pada program pendidikan nonformal di Kabupaten Takalar, Gowa, dan Maros. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai jenis Sumber belajar dan media pembelajaran berbasis teknologi yang sering digunakan oleh tutor dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kemampuan warga belajar dalam menaggulangi penularan covid-19. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 Warga Belajar dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 30 Orang dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penerapan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan warga belajar dalam menaggulangi penularan covid-19.

Kata Kunci: Sumber belajar, Media Pembelajaran.


Keywords


Sumber belajar; Media Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, et al. 2007. Media Pendidikan, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad, 2000. Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

…………, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Agus S. Suryobroto. 2001. Diktat Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Pendidikan jasmani. Yogyakarta: FIK –UNY.

Anglin, Gary J. (1991). Instructional Technology. Past, Present, and Future.Miarso, Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom.Seels.

Barbara B. Richey Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Association for Educational Communication and Technology: Washington, DC.

Hamalik Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pribadi. B. A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber belajar; Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasyah. Jakarta: PrenamediaGroup

Sitepu, B.P. 2017. Pengembangan Sumber belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuntitatif, kualitatif dan R&D: Bandung: Alfabeta CV

Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia

Arief S. Sadiman, et al. 2007. Media Pendidikan, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad, 2000. Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

…………, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Hamalik oemar, 1989. Media Pendidikan. Bandung. PT. Citra Aditya Bakti.

Pribadi. B. A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber belajar; Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasyah. Jakarta: PrenamediaGroup


Article Metrics

Abstract view : 206 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Rudi Amir, M. Ali Latif Amri, Fatmawati Gaffar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.