Penerapan Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Warga Belajar Dalam Menangulangi Penularan Covid-19 Pada Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.19533
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan teknologi pembelajaran yang terdiri dari pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kemampuan warga Belajar dalam menanggulangi penularan Covid-19 pada program pendidikan nonformal di Kabupaten Takalar, Gowa, dan Maros. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai jenis Sumber belajar dan media pembelajaran berbasis teknologi yang sering digunakan oleh tutor dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kemampuan warga belajar dalam menaggulangi penularan covid-19. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 Warga Belajar dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 30 Orang dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penerapan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan warga belajar dalam menaggulangi penularan covid-19.
Kata Kunci: Sumber belajar, Media Pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman, et al. 2007. Media Pendidikan, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad, 2000. Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
…………, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Agus S. Suryobroto. 2001. Diktat Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Pendidikan jasmani. Yogyakarta: FIK –UNY.
Anglin, Gary J. (1991). Instructional Technology. Past, Present, and Future.Miarso, Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom.Seels.
Barbara B. Richey Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Association for Educational Communication and Technology: Washington, DC.
Hamalik Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pribadi. B. A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber belajar; Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasyah. Jakarta: PrenamediaGroup
Sitepu, B.P. 2017. Pengembangan Sumber belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuntitatif, kualitatif dan R&D: Bandung: Alfabeta CV
Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia
Arief S. Sadiman, et al. 2007. Media Pendidikan, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad, 2000. Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
…………, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Hamalik oemar, 1989. Media Pendidikan. Bandung. PT. Citra Aditya Bakti.
Pribadi. B. A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber belajar; Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasyah. Jakarta: PrenamediaGroup
Article Metrics
Abstract view : 401 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rudi Amir, M. Ali Latif Amri, Fatmawati Gaffar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by