EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG DI KELAS 1 SD INPRES PANRENGE KABUPATEN BARRU

Supriadi Supriadi(1*),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.1895

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas metode Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongen di SD Inpres Panrenge Kabupaten Barru. Serta menguji teori apakah model Mind Mapping efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menyimak dongen di kelas I SD Inpres Panrenge Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan mengguanakan desain penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil tersebut berdasarkan uji t diperoleh nilai t hitung: 5,186. Kriteria pengujiannya adalah H0 diterima jika t hitung < t Tabel dan H0 ditolak jika t hitung > t tabel. Nilai t tabel = db =1= 32-1 = 31 (Angka 31 atau 30 inilah yang dilihat dalam tabel). Pada taraf signifikan 5% diperoleh = 2,04, ternyata t hitung > t tabel dan hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian metode mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak dongen siswa kelas I SD inpres Panrenge Kabupaten Barru serta teori Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: menyimak dongen, metode Mind Mapping


Full Text:

Untitled PDF

Article Metrics

Abstract view : 529 times | Untitled view : 0 times PDF view : 512 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Supriadi Supriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by