MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK BENDA DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS III SDN 169 TORIBI KABUPATEN SINJAI SULAWESI SELATAN

Firdaus Firdaus(1*),

(1) SD Negeri No. 169 Toribi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1581

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan pemahaman konsep gerak benda dalam pembelajaran Sains dengan mengunakan pendekatan keterampilan proses siswa kelas III  SDN 169 Toribi. Penelitian ini dilakukan di SDN 169 Toribi Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Adapun subjek penelitian yang diamati adalah siswa kelas III SDN 169 Toribi yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik atau cara  pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berdasarkan bentuk data yang diperoleh yaitu melalui observasi, tes, wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, Penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran gerak benda dapat meningkatkan pemahanan konsep belajar siswa SDN 169 Toribi Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Hal ini dibuktikan adanya perkembangan pemahaman hasil belajar siswa  Adapun hasil yang dicapai dari setiap siklus-kesiklus adalah siklus pertama dikualifikasikan kurang (K) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 58,3%, untuk siklus kedua dikualifikasikan cukup (C) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 77,3%, dan untuk siklus ketiga dikualifikasikan baik (B) yang rata-rata skor nilai keseluruhan  siswa mencapai 84%.

 Kata kunci: pendekatan keterampilan proses, konsep gerak benda.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 939 times | PDF view : 1148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Firdaus Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by