Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mendesain Video Pembelajaran
(1) Universitas Pattimura
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Kanjuruhan Malang
(4) Universitas Pattimura
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10454
Abstract
Guru masa depan wajib menguasai ICT dan menggunakannya untuk mengembangkan iklim pembelajaran yang konstruktivis. Salah satu bentuk penguasaan ICT yang ditunjukkan guru adalah mengembangkan media pembelajaran dengan mengaplikasikan software tertentu. Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan software sparkol videoscribe ini adalah untuk mengembangkan kompetensi pedagogis guru dalam mendesain atau membuat video pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan workshop, yang melibatkan tim sebagai narasumber. Ceramah terkait dengan konten pelatihan berupa prinsip desain perangkat pembelajaran termasuk media pembelajaran. Konten dan prosedur ini dilakukan untuk mentransmisikan pengetahuan atau wawasan peserta, sebelum dilatih, sedangkan workshop bertujuan untuk melatih keterampilan peserta untuk membuat video pembelajaran. Hasil pretes dan posttes yang dicapai oleh peserta menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran. Terkait dengan kemampuan mendesain perangkat pembelajaran, dari yang sebelumnya 90% menggunakan desain pembelajaran pada buku guru meningkat menjadi 80% kemampuan guru dalam mendesain perangkat pembelajaran mandiri yang relevan dan benar baik dalam menentukan tujuan instruktusional maupun metode serta model pembelajaran sesuai sintaknya. Selain itu, kemampuan mendesain media pembelajaran dari yang semula 80% menggunakan media visual dari buku atau charta serta 20% menggunakan media visual dari internet, meningkat menjadi 70% yang mendesain video pembelajaran dengan menggunakan sparkol videoscribe.
Full Text:
PDFReferences
Drent, M., & Meelissen, M. (2008). Which factors obstruct or stimulate teacher educators to use ICT innovatively? Computers and Education, 51(1), 187–199. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.05.001
Ellis, R., & Childs, M. (1999). The Effectiveness of Video as a Learning Tool in On‐line Multimedia Modules. Journal of Educational Media, 24(3), 217–223. https://doi.org/10.1080/1358165990240305
Hampel, R. (2009). Training teachers for the multimedia age: Developing teacher expertise to enhance online learner interaction and collaboration. Innovation in Language Learning and Teaching, 3(1), 35–50. https://doi.org/10.1080/17501220802655425
Hasse, C. (2017). Technological literacy for teachers. Oxford Review of Education, 43(3), 365–378. https://doi.org/10.1080/03054985.2017.1305057
Leasa, M., Batlolona, J. R., Enriquez, J. J., & Kurnaz, M. A. (2018). Determination Of Elementary Students’ Learning Styles Reviewed From Gender Aspects. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(3), 478. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i3.8978
Mishra, P., & Mehta, R. (2017). What We Educators Get Wrong About 21st-Century Learning: Results of a Survey. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 33(1), 6–19. https://doi.org/10.1080/21532974.2016.1242392
Mitra, B., Lewin-Jones, J., Barrett, H., & Williamson, S. (2010). The use of video to enable deep learning. Research in Post-Compulsory Education, 15(4), 405–414. https://doi.org/10.1080/13596748.2010.526802
Orlando, J. (2013). ICT-mediated practice and constructivist practices: Is this still the best plan for teachers’ uses of ICT? Technology, Pedagogy and Education, 22(2), 231–246. https://doi.org/10.1080/1475939X.2013.782702
Situmorang, M., Gultom, S., Hamid K, A., Panjaitan, A. M., & Ritonga, W. (2018). University-government collaboration model to improve school teacher competence in North Sumatra, Indonesia. International Journal of Training Research, 16(3), 249–266. https://doi.org/10.1080/14480220.2018.1576324
Tawarah, H. M. (2017). The degree to which teachers practicing teaching in Shobak university college by using creative thinking skills as perceived by students. Journal of Social Sciences, 51(1–3), 17–22. https://doi.org/10.1080/09718923.2017.1305578
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). A comparative analysis of international frameworks for 21 st century competences: Implications for national curriculum policies. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 299–321. https://doi.org/10.1080/00220272.2012.668938
Article Metrics
Abstract view : 1776 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Marleny Leasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by