Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mendesain Video Pembelajaran

Marleny Leasa(1*), Fifi Astafiani Syam(2), Muhammad Sayyadi(3), John Rafafy Batlolona(4),

(1) Universitas Pattimura
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Kanjuruhan Malang
(4) Universitas Pattimura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10454

Abstract


Guru masa depan wajib menguasai ICT dan menggunakannya untuk mengembangkan iklim pembelajaran yang konstruktivis. Salah satu bentuk penguasaan ICT yang ditunjukkan guru adalah mengembangkan media pembelajaran dengan mengaplikasikan software tertentu. Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan software sparkol videoscribe ini adalah untuk mengembangkan kompetensi pedagogis guru dalam mendesain atau membuat video pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan workshop, yang melibatkan tim sebagai narasumber. Ceramah terkait dengan konten pelatihan berupa  prinsip desain perangkat pembelajaran termasuk media pembelajaran. Konten dan prosedur ini dilakukan untuk mentransmisikan pengetahuan atau wawasan peserta, sebelum dilatih, sedangkan workshop bertujuan untuk melatih keterampilan peserta untuk membuat video pembelajaran. Hasil pretes dan posttes yang dicapai oleh peserta menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran. Terkait dengan kemampuan mendesain perangkat pembelajaran, dari yang sebelumnya 90% menggunakan desain pembelajaran pada buku guru meningkat menjadi 80% kemampuan guru dalam mendesain perangkat pembelajaran mandiri yang relevan dan benar baik dalam menentukan tujuan instruktusional maupun metode serta model pembelajaran sesuai sintaknya. Selain itu, kemampuan mendesain media pembelajaran dari yang semula 80% menggunakan media visual dari buku atau charta serta 20% menggunakan media visual dari internet, meningkat menjadi 70% yang mendesain video pembelajaran dengan menggunakan sparkol videoscribe.


Full Text:

PDF

References


Drent, M., & Meelissen, M. (2008). Which factors obstruct or stimulate teacher educators to use ICT innovatively? Computers and Education, 51(1), 187–199. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.05.001

Ellis, R., & Childs, M. (1999). The Effectiveness of Video as a Learning Tool in On‐line Multimedia Modules. Journal of Educational Media, 24(3), 217–223. https://doi.org/10.1080/1358165990240305

Hampel, R. (2009). Training teachers for the multimedia age: Developing teacher expertise to enhance online learner interaction and collaboration. Innovation in Language Learning and Teaching, 3(1), 35–50. https://doi.org/10.1080/17501220802655425

Hasse, C. (2017). Technological literacy for teachers. Oxford Review of Education, 43(3), 365–378. https://doi.org/10.1080/03054985.2017.1305057

Leasa, M., Batlolona, J. R., Enriquez, J. J., & Kurnaz, M. A. (2018). Determination Of Elementary Students’ Learning Styles Reviewed From Gender Aspects. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(3), 478. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i3.8978

Mishra, P., & Mehta, R. (2017). What We Educators Get Wrong About 21st-Century Learning: Results of a Survey. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 33(1), 6–19. https://doi.org/10.1080/21532974.2016.1242392

Mitra, B., Lewin-Jones, J., Barrett, H., & Williamson, S. (2010). The use of video to enable deep learning. Research in Post-Compulsory Education, 15(4), 405–414. https://doi.org/10.1080/13596748.2010.526802

Orlando, J. (2013). ICT-mediated practice and constructivist practices: Is this still the best plan for teachers’ uses of ICT? Technology, Pedagogy and Education, 22(2), 231–246. https://doi.org/10.1080/1475939X.2013.782702

Situmorang, M., Gultom, S., Hamid K, A., Panjaitan, A. M., & Ritonga, W. (2018). University-government collaboration model to improve school teacher competence in North Sumatra, Indonesia. International Journal of Training Research, 16(3), 249–266. https://doi.org/10.1080/14480220.2018.1576324

Tawarah, H. M. (2017). The degree to which teachers practicing teaching in Shobak university college by using creative thinking skills as perceived by students. Journal of Social Sciences, 51(1–3), 17–22. https://doi.org/10.1080/09718923.2017.1305578

Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). A comparative analysis of international frameworks for 21 st century competences: Implications for national curriculum policies. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 299–321. https://doi.org/10.1080/00220272.2012.668938


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Marleny Leasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.