Pendampingan Guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia
(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
(7) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10296
Abstract
Mitra pada kegiatan PKM ini adalah SD Swasta Teladan Sumatera Utara. Permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu : 1) Minimnya pengetahuan guru-guru tentang pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran berlangsung secara konvensional dan monoton, 2) Sebagian guru belum mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 sehingga kesulitan dalam menerapkannya, 3) Sebagian guru tidak mampu merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, 4) Tidak tersedianya alat peraga pembelajaran, 5) Minimnya keterampilan guru-guru dalam pembuatan alat peraga edukatif tematik. Metode pendekatan dalam pelaksanaan PKM ini menggunakan metode pendidikan, pelatihan, praktik dan pendampingan. Luaran yang dihasilkan antara lain: 1) Meningkatnya pengetahuan guru tentang pembelajaran inovatif di sekolah dasar, 2) Meningkatnya pengetahuan guru-guru dalam menerapkan kurikulum 2013, 3) Meningkatnya keterampilan guru-guru dalam merancang RPP kurikulum 2013, 4) Tersedianya berbagai alat peraga edukatif tematik sekolah dasar, 5) Meningkatnya keterampilan guru-guru dalam pembuatan alat peraga edukatif tematik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Efendi, M. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar Ke Arah Pemahaman KBK, KTSP dan SBI. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Irfandi, I., Faisal, F., Hasibuan, N. I., & Panggabean, D. D. (2018). The Dissemination Of Technology-Based Learning Media For Elementary School Teachers In The District Of Sijunjung. Journal of Community Research and Service, 2(1), 198-205
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala pendidikan, (3).
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Taneo, P. N., Daniel, F., & Bien, Y. I. (2018). Pendampingan Pembuatan dan Penerapan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD Gugus II Kecamatan Amanuban Barat. Publikasi Pendidikan, 8(3), 229-233.
Taufiq, A. (2014). Pendidikan Anak di SD. (online) Tersedia di http://repository.ut.ac.id/4122/1/PDGK4403-M1.pdf. Diakses tanggal 10 September 2019
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Article Metrics
Abstract view : 658 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- Pendampingan Guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia
- Pendampingan Guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia
Copyright (c) 2019 Muhammad Aswin Rangkuti, Imelda Free Unita Manurung, Nelson Tarigan, Deo Demonta Panggabean, Irfandi Irfandi, Mukti Hamjah Harahap, Dedy Husrizal Syah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by