Pemberdayaan Anak Putus Sekolah Melalui Kakao Sambung Pucuk

Arwanda Arwanda(1*), Emi Mastura(2), Ulfa Aulia Syamsuri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v5i2.9672

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan anak putus sekolah di Desa Patampanua, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng,  dalam  melaksanakan pembibitan kakao metode sambung pucuk (okulasi) persilangan dengan kakao unggul. Adapun yang menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini yaitu adanya masalah dalam budidaya kakao yaitu serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) seperti hama Penggerek Buah Kakao (PBK) dan penyakit Vascular Streak Dieback (VSD) serta penyakit busuk buah. Sementara itu di Desa Patampanua sekitar 70% anak mengalami putus sekolah dan menjadi pengangguran. Pemberdayaan anak putus sekolah melalui penyuluhan dan pelatihan merupakan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah budidaya kakao dan pengangguran di Desa Patampanua. Hasil yang dicapai setalah pelaksanaan dinilai dari aspek pengetahuan dan keterampilan melalui pre tes dan post tes. Pada aspek pengentahuan nilai rata-rata peserta pada pre tes yaitu 1.5 dan pada post tes yaitu 8.65. Pada aspek keterampilan Pada pelatihan pertama dari 100 bibit yang disambung pucuk hanya 30 yang berhasil tumbuh, akan tetapi pada saat pelatiahan yang kedua yaitu dari 100 bibit yang disambung 70 bibit berhasil tumbuh. Potensi sambung pucuk kakao kedepannya dapat dikembangkan melalui penyediaan jasa pembibitan kakao dan pengembangan usaha pembibitan kakao. Dengan adanya kegiatan ini mampu mengatasi masalah dalam budidaya kakao melalui sambung pucuk serta mengurangi pengangguran pada anak putus sekolah di Desa Patampanua, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng.


Keywords


Kakao, okulasi, Anak Putus Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Soppeng , 2017. Statistik Indonesia Tahun 2010. Kabupaten Soppeng : Badan Pusat Statistik

Rubiyo. 2013.Ketahanan Tanaman Kakao Terhadap Penyakit busuk Buah (Phytophthora palmivora Bult.). Balai Penelitian Tanaman Industridan Penyegar.


Article Metrics

Abstract view : 378 times | PDF view : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian



Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.