Peningkatan Hasil Belajar Pengolahan Tuna Loin Beku Melalui Model “Problem Based Learning”

Erna Srifidias Titik(1*), Muhammad Rais(2), Meilse Rani(3),

(1) SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMK Negeri 9 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i1.27222

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetensi Produksi Olahan Ekspor Hasil Perikanan sub materi Pengolahan Tuna Loin beku pada siswa SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, Program Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi). Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI APHPi sejumlah 24 siswa. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus 1 dilaksanakan secara konvensional dan siklus 2 dilaksanakan dengan model Problem Based learning dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) orientasi siswa pada masalah menggunakan video atau animasi, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata - rata nilai tes tulis awal sebesar 6,29 dan mengalami kenaikan setelah menggunakan model Problem Based learning pada siklus 1 yakni 6,81 dan siklus 2 sebesar 7,79.


Keywords


hasil belajar; pengolahan tuna loin; problem based learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Nasional, D. P. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program.

Nasional, D. P. (2008). Bahan Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan SMK. Jakarta: Direktorat Pengembangan SMK.

Arifiyanti, F., Djudin, T., & Haratua, T. M. S. (2015). Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Multirepresentasi Pada Usaha Dan Energi Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10).

Kamdi, W. (2012). Implementasi Project-Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 17(1), 98-110.

Luthvitasari, N., DP, N. M., & Linuwih, S. (2013). Implementasi Pembela-jaran Berbasis Proyek pada Keterampilan Berpikir dan Kemahiran Generik Sains. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(1).

Marianti, A., Christijanti, W., & Isnaeni, W. (2013). Pembelajaran Berbasis Projek Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Sebagai Model Perkuliahan Fisiologi Hewan. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.

Mudjiman, H. (2006). Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Solo: LPP

Sofyan, H. (2006). Implemetasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Bidang Kejurua. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2).

Sukarman, H. (2003). Dasar–dasar didaktik dan penerapannya dalam pembelajaran (Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan).

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47-52.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 titik erna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.