Hakekat Pendidikan dan Pembelajaran Pada Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional

Irmawita Irmawita(1*),

(1) Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemberantasan buta huruf merupakan bagian integral dalam pengentasan masyarakat dari kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan dan ketidak berdayaan dalam kerangka makro pengembangan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Pemberantasan buta huruf menjadi amat penting dan strategis, mengingat kondisi pendidikan penduduk Indonesia masih rendah.

Progran Keaksaraan Fungsional dalam menangani buta huruf ini, keaksaraan fungsional adalah pendekatan baca, tulis, dan hitung yang teritegrasi dengan keterampilan usaha berdasarkan kebutuhan dan potensi warga belajar. Tujuan program ini adalah membelajarkan warga belajar agar mampu membaca, menulis dan berhitung serta berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sebagai dasar untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya. Pendidikan keaksaraan fungsional yang warga belajarnya adalah orang dewasa, mau belajar kalaulah yang dipelajari itu bermakna dalam kehidupannya dan berkaitan dengan pekerjaan dan masalah kehidupan mereka, dengan demikian yang dipelajari itu merupakan respon dari kebutuhan belajar mereka dan memanfaatkan potensi lokal yang ada di lingkungan mereka. Pendidikan keaksaraan fungsional merupakan salah satu program pendidikan yang mengimplementasikan kegiatan pengelolaan program dan pembelajaran dibangun dari falsafah pendidikan dan berbagai aliran pendidikan berkaitan dengan aliran pendidikan diantaranya adalah (Pragmatisme, progresivisme, konstruktivisme, humanistik dan behaviorisme) cukup memberikan andil dalam perkembangan dunia pendidikan dan program pendidikan keaksaraan fungsional

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak (2000) Strategi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Pendidikan Indonesia.

Bragar Jhomson (2003). Adult Education Procedur. Newyork: Seabury Press

Bruce Joice (1992) Atrainer Guide to andragogy it concept experience and Aplication, D. C. US Sosial and Rehabilitation

Depdiknas. (2006). Panduan Umum Pelatihan Program Keaksaraan Fungsional. Jakarta, Direktorat PLS

Depdiknas (2009) Memahami Pendidikan Keaksaraan. Jakarta. Direktorat PLS.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. (2011). Pedoman batuan penyelenggaraan Keaksaraan Dasar & Mandiri. Kepmendiknas. Jakarta.

Direktorat Pendidikan Masyarakat (2010) Pendidikan Keaksaraan Untuk Semua. Jakarta. Jurnal Akrab. Volume 1 Edisi Maret 2010.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat (2011) Keaksaraan Usaha Mandiri Jakarta. Jurnal Aksara no. 31, tahun VI. Edisi Agustus 2011.

Ditjen Paudni (2011). Kekasaraan Wujudkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Jakarta, Jurnal Warta, edisi IX, tahun 2011.

Dixon J&Tulandar S (1996) Whole Langguage And Integrated approach to reading. The Center International Education, University Massacusetts.

Elih Sudia Permana. (2001). Prosfek Program Pendidikan Luar Sekolah Dalam Memenuhi Kebutuhan (Corporate Learning Organization). Jurnal PLS. FIP Bandung.

Elih Sudia Permana. (2009). Pendidikan nonformal dan informal. Bandung, Educasia Press.

Fordham. P. E (1993) Informal, Nonformal, and Formal Education programmers, in YMCA George Williams College ICE 301 Life long learning Unit 2 London:

Friedman. (2001) The Spirit Of Community. rihgt, Responsibility and the Communities. London. Fontana Press.

Freire (1921) Politik pendidikan, kebudayaan, kekuasaan, dan pembebasan. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Kamil, Mustofa (2010) Pendidikan Nonformal Dimensi Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Malang. PT. Remaja Rosdakarya.

Kusnadi, (2003) Keaksaraan Fungsional di Indonesia, Jakarta. Mustika Aksara.

Lindeman. (2001) The Community An Introduction to the study of Community Leadership And Organization, New York : Association Press.

Marzuki, Saleh (2004) Stretegi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah: Bandung, Nusantara

Marzuki, Saleh (2010) Pendidikan Nonformal & Informal Bandung, Educasia. Press.

Moris, William (1976) The American Haritage Dictionary of the English language, Boston Houngton Mifftin. CO

Nyerere (1954) Nonformal education and the rural poorfass lansing. MSU I TC.

Sagala. S. (2011) Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabetta

Sudjana. (2000) Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Luar Sekolah, Bandung. Nusantara.

Sudjana. (2004) Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Falah Production.

Simkins, T. (2006) Nonformal Education and Development. Manchers. Dept. of Adult and Hig

Ugi Suprayogi. (2000) Model Pengelolaan Pendidikan (PLS) Dalam Otonomi Daerah Jurnal Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI Bandung.

Unesco Annual Report. (2009) Literacy and Empowering People. USA. Jossey.

Zaienuddin (2000) Pengelolaan Kelompok Belajar. Bandung. Gunung Agung


Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat Panitia

Ruang Dosen Jurusan PLS FIP UNM

Gedung kantor Fakultas Ilmu Pendidikan

Jl. Tamalate I Tidung Makassar Kampus IV UNM Sektor Tidung

ISBN : 9786025339707