PENINGKATAN HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS MELALUI MODEL PBL PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK N 1 SANGATTA UTARA

Paridah Paridah(1*), Yuliati Hafid(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sangatta Utara
(2) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29398

Abstract


Hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam bentuk angka-angka atau skor setelah diberikan tes hasil belajar pada setiap akhir pembelajaran. Materi yang sulit maupun mudah bukan sebagai patokan tinggi rendahnya hasil belajar siswa tetapi penggunaan model, metode, maupun media pembelajaran ikut berperan. Hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa beberapa siswa tidak bisa memenuhi kriteria ketuntasan minimum meski sudah dilakukan perbaikan khususnya dalam pembelajaran desain grafis.  Oleh karena itu peneliti menawarkan sebuah solusi yaitu penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) sebagai cara alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran desain grafis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  penerapan model pembelajaran problem based learning dan menyelidiki bagaiman meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengolahan data deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Sangatta Utara dengan partisipasi 12 siswa kelas X Multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning pada siklus I maupun II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang kemudian dilakukan perbaikan kembali. Pada siklus I hasil pembelajaran menunjukkan cukup baik hanya saja masih terdapat siswa yang mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, Dengan ditunjukkannya hampir seluruh siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum

Keywords


Metode pembelajaran Problem Based Learning, Hasil belajar desan grafis

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Dimyanti & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Nisa, A.K. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, R. (2012). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas Xi Ipa Sma Smart Ekselensia Indonesia Tahun Pelajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 2(01), 55–65.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Wiriatmadja, R. (2005). Metode Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 394 times | PDF view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License