PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nurhidayah Tahir(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Arwini Rahayu(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 5 Mattiropole
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SD tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana peneliti sebagai pelaksana. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitiannya adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data bersifat deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I dengan kategori cukup. Sedangkan prestasi pada siklus II berada pada kategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.


Full Text:

Remote PDF

References


Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Junaidi, J. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS. Jurnal Socius, 9(1), 25. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767

Muljani, S., & Aji, M. (2022). Cakrawala Jurnal Pendidikan Special Issue for Pedagogy Education 2022 Pembelajaran Berkarakteristik dan Inovsi Abad 21 Pada Mapel Seni Budaya Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SMK Negeri 1 Adiwerna.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Pagarra, H., dkk (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan, 10, 260–265 http://103.76.50.195/pubpend/article/view/16069.

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). 7(1), 75–86.

Ramdana, N. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupten Takalar. Skripsi.Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suginem. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. 3(1), 32–36.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | Remote view : 28 times PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats