Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V

Tyara Pratiwi(1*), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2), Muhammad Faisal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan siswa dalam memahami suatu bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru sebanyak 48 siswa sedangkan sampelnya adalah sebanyak 24 siswa di kelas eksperimen dan 24 di kelas kontrol. Data hasil penelitian diporeleh dengan memberikan tes membaca pemahaman pada materi pentingnya air dalam kehidupan berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis Independent Samples Test. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial atau uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PQ4R memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru.


Full Text:

PDF

References


Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529

Aryani, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (Kwl) Pada Siswa Kelas Iva Sdn Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 2(2), 62–70. https://doi.org/10.15294/jlj.v2i2.1846

Marhamah. (2019). Efektivitas Strategi Pembelajaran Pq4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i2.572

Mutazam, M. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pecahan. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.38114/riemann.v2i1.50

Ramdiah, S. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Pq4R Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Putra Dan Putri Kelas Xi Sma Di Kota Banjarmasin. STKIP- PGRI Banjarmasin, 1–7. https://jurnal.fkip.uns.ac.id

Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2354


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats