Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Negeri 3 Melinggih

Luh Komang Resnawati(1*), Rosdiah Salam(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD Negeri 3 Melinggih
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 1 SD Negeri 3 Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar Pada Tahun Pelajaran 2021/2022, setelah diterapkan metode pembebelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan hasil dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 3 Melinggih Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yang nilainya di atas KKM, dari data awal (prasiklus) sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem based learning (PBL) dari 20 orang siswa terdapat sebanyak 6 siswa atau persentasenya (30%) yang sudah mencapai KKM dan siswa belum mencapai ketuntasan (KKM) yaitu 14 siswa atau persentasenya (70%). Sedangkan pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran Problem based learning (PBL) dari 20 siswa kelas I SD Negeri 3 Melinggih yang memiliki nilai yang mencapai KKM 65 sebanyak 15 siswa atau persentasenya (75%) dan siswa belum mencapai ketuntasan yaitu 5 siswa atau persentasenya (25%). Kemudian pada siklus II dari 20 siswa kelas I SD Negeri 3 Melinggih yang memiliki nilai yang mencapai KKM 65 sebanyak 20 siswa dengan persentase (100%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 3 Melinggih Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi : Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fauziah, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Operasi Hitung Siswa SD (Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia).

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari,M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri001Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Mansur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah (Clasroom Action Research). Cet. ke-2. (Jakarta: Bumi Aksara).

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats