Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri 07 Biau

Kasmawaty Kasmawaty(1*), Rukayah Rukayah(2), Dahlan Dahlan(3),

(1) SD Negeri 07 Biau
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kaccia
(*) Corresponding Author



Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan motode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menulis karangan narasi di kelas IV SD Negeri 07 Biau. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 23 orang. Pemerolehan data berasal dari lembar hasi belajar siswa dan data observasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode mind mapping yang diterapkan dalam 2 siklus dimana Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 44 dan nilai tertinggi 75. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 63 dan nilai tertinggi 95. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 35% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 91%. Adapun Hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis karangan narasi di kelas IV

Kata Kunci:  Metode Pembelajaran Mind Map,Hasil Belajar Siswa,Karangan narasi


Full Text:

PDF

References


Dekdikbud, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Zampetakis, Leonidas A and Tsironis, Loukas. 2007. Creativity Development in Engineering Education : The Case of Mind Mapping. Journal of Management Development. Vol. 26 No. 4, pp. 370-380.


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats