Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III SD Negeri Suluk 02

Saleh Saleh(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Syahrani Syahrani(3),

(1) SD Negeri Suluk 02 Kecamatan Dolopo
(2) Pendidikan IPS ke SDan Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD UPT SPF SDI Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas  III SD Negeri Suluk 02 pada semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan analisis  statistik deskriptif. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 siklus menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 85 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63. Pada siklus II menunjukkan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 45%, dan siklus II terjadi peningkatan 95%. Sehingga dari  hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada Tema 3 Benda di Sekitarku, Sub Tema 3 Perubahan Wujud Benda, Pembelajaran 1  SD Negeri Suluk 02 Tahun pelajaran 2021/2022.

 

Keywords: Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Tema Benda di Sekitarku


Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Lisbiyaningrum, I., dkk. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary School. 6(2). 161-168, https://journal.upy.ac.id/index.php/es/search/authors/view?firstName=Ika%20Lisbiyaningrum%2C&middleName=Wulandari%2C&lastName=Wahyudi&affiliation=UKSW&country=ID

Permendikbud. (2013) Permendikbud Nomor 81 A Tentang Implementasi Kurikulum, Lampiran IV Pedoman Umum Pembelajaran.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1 (2), 99-108.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wahyuni, Qiroatul (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di Sman 1 Galesong Kabupaten Takalar


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats