Penerapan Pendekatan TPACK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III UPT SPF SDN Balang Baru 1

Nur Fitra Hamzah(1*), Zaid Zainal(2), Sunardi Sunardi(3),

(1) UPT SPF SD Negeri Balang Baru 1 Makassar
(2) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UPT SPF SDN PERCONTOHAN PAM MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa selama ini menjadi latar belakang dari penelitian ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan  TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas III di UPT SPF SD Negeri Balang Baru 1 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 siswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar dan observasi untuk menarik kesimpulan dari penelitian. Kesimpulan penelitian dimuat dalam bentuk persentase yang kemudian diinterpretasikan ke dalam beberapa tingkatan kategori, yaitu Sangat Baik, Baik, Kurang, Kurang Sekali. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 100 dengan skor rata- rata hasil belajar siswa sebesar 90. Persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 76% dan pada siklus II menjadi 90%. Dari hasil ini disimpulkan bahwa penerapan pendekatan  TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di UPT SPF SDN Balang Baru 1.

 

Kata kunci:

Pendekatan  TPACK, Hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Adh. (2021). Pendidikan Abad 21 Apa dan Bagaimana. https://www.gurusumedang.com/2021/03/pendidikan-abad-21-apa-dan-bagaimana.html . (Diakses tanggal 9 Januari 2022)

Admin. (2019). Mengenal Kurikulum 2013 sebagai Acuan Pendidikan di Indonesia. https://smamuh5yk.sch.id/mengenal-kurikulum-2013-sebagai-acuan-pendidikan-di-indonesia/ . (Diakses tanggal 8 Januari 22)

Admin. (2021). Mengenal Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial, serta Penerapannya Dalam Penelitian. https://hmpsstatistikafmipaunm.com/2021/05/31/mengenal-statistik-deskriptif-dan-statistik-inferensial-serta-penerapannya-dalam-penelitian/ (Diakses tanggal 26 Desember 2021)

Hasibuan, Jose. 2021. Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Abad 21. https://www.kompasiana.com/josehasibuan/5f842a0e8ede4872bf5b7623/pendekatan-tpack-dalam-pembelajaran-abad-21 . (Diakses tanggal 16 Januari 22)

Money, team. (2021). Bagaimana Karakter Gen Z? Yuk, Pahami Sama-Sama! https://blog.amartha.com/bagaimana-karakter-gen-z-yuk-pahami-sama-sama/ . (Diakses tanggal 9 Januari 2022)

Mukhlis, Fuad. (2021). Pengembangan TPACK Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. https://smkn1pabelan.sch.id/2021/07/07/pengembangan-tpack-untuk-meningkatkan-proses-pembelajaran-bagi-peserta-didik-kompetensi-keahlian-teknik-kendaraan-ringan/ . ( Diakses tanggal 28 Desember 2021)

Mulyana, Aina. (2020). Pengertian hasil belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html . Aina mulyana. 5:54. KONTAK. ( Diakses tanggal 28 Desember 2021)

Ngalim Purwanto. (2006). “Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurmansyah, Unay. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi baisan dan deret aritmatika melalui pendekatan santifik TPACK. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1147 . (Diakses tanggal 9 Januari 2022)

Riadi, Muchlisisn. (2016). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). https://www.kajianpustaka.com/2015/07/lembar-kerja-peserta-didik-lkpd.html . ( Diakses tanggal 28 Desember 2021)

Rumah.com, (2020). Mengenal Pendidikan di Indonesia, Sistem, dan Perkembangannya. https://www.rumah.com/panduan-properti/pendidikan-di-indonesia-33286 . (Diakses tanggal 8 Januari 2022)

Salmaa. (2021). Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Langkah Melakukannya. https://penerbitdeepublish.com/penelitian-kuantitatif/ (Diakses tanggal 26 Desember 2021)

Suharsimi, Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.

Thabroni, Gamal. 2020. Pendekatan Pembelajran:Pengertian, Ciri, Macam, & Jenis. https://serupa.id/pendekatan-pembelajaran/. (Diakses tanggal 16 Januari 2022)

Unnes, (2016). Pengertian, Sejarah dan Fungsi Microsoft Powerpoint beserta Kelebihannya. http://blog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/02/12/pengertian-sejarah-dan-fungsi-microsoft-powerpoint-beserta-kelebihannya/. ( Diakses tanggal 28 Desember 2021)

Wati, Tayik Novita. (2020). Peningkatn Hasil Belajar melalui Pendekatan TPACK pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri Jambepawon. Jurrnal National Converence f or Ummah, 1 (1), 5-8 . file:///C:/Users/Acer/AppData/Local/Temp/devaldi-16-1.pdf. (Diakses tanggal 9 Januari 2022)


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats