Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 107 Barru Melalui Model Problem Based Learning

Rospiti Rospiti(1*), Hamzah Pagarra(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) UPTD SD Negeri 107 Barru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan merinci langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning dan mengetahui adanya peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Materi Macam-macam Gaya siswa kelas IV UPTD SD 107 Barru kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan di Kelas IV UPTD SD Negeri 107 Barru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media puzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis keterampilan proses pada pra siklus hanya 4 siswa (44,4%), siklus I meningkat menjadi 6 siswa  siswa (66,6%), dan pada siklus II meningkat menjadi 9 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Baesed Learning berbantuan media puzle dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi Macam-macam Gaya siswa kelas IV UPTD SD Negeri 107 Barru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan tahun Pelajaran 2020/2021

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (1998). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto,S.(2002). ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.(1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono.(1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Jejen Musfah. (2008) Peningkatan Kompetensi Guru, (Jakarta: Kencana, Cet 1. 2011).Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008.

Jamal Ma’mur Asmani. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional, (Jogjakarta: Power Books, 2009),

Martin dan Handoko. (2001). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.

Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar- ruzz Media Group

Muhson, Ali. Peningkatan Minat Belajara dan Oemahaman Mahaiswa Melalui PenerapanProblemBasedLearning.https://journal.uny.ac.id/index.php/jk.article/view/203/116. Hal 174 sd 175.

Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar DanMengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana.1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Ngalim Purwanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Suharsimi, Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats