Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 107 Barru Melalui Model Problem Based Learning
(1) UPTD SD Negeri 107 Barru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30524
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan merinci langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning dan mengetahui adanya peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Materi Macam-macam Gaya siswa kelas IV UPTD SD 107 Barru kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan di Kelas IV UPTD SD Negeri 107 Barru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media puzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis keterampilan proses pada pra siklus hanya 4 siswa (44,4%), siklus I meningkat menjadi 6 siswa siswa (66,6%), dan pada siklus II meningkat menjadi 9 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Baesed Learning berbantuan media puzle dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi Macam-macam Gaya siswa kelas IV UPTD SD Negeri 107 Barru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan tahun Pelajaran 2020/2021
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (1998). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto,S.(2002). ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.(1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dimyati dan Mudjiono.(1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Jejen Musfah. (2008) Peningkatan Kompetensi Guru, (Jakarta: Kencana, Cet 1. 2011).Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008.
Jamal Ma’mur Asmani. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional, (Jogjakarta: Power Books, 2009),
Martin dan Handoko. (2001). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.
Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar- ruzz Media Group
Muhson, Ali. Peningkatan Minat Belajara dan Oemahaman Mahaiswa Melalui PenerapanProblemBasedLearning.https://journal.uny.ac.id/index.php/jk.article/view/203/116. Hal 174 sd 175.
Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar DanMengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Sudjana.1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Ngalim Purwanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Suharsimi, Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 47 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats