Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning dengan Media Interaktif di SDN Muneng Leres II

Indah Ratnasari(1*), Hamzah Pagarra(2), Abdul Rahim(3),

(1) SDN Muneng Leres II
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala
(*) Corresponding Author



Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas II SD Negeri Muneng Leres II melalui metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai observer dan peneliti juga sebagai pelaksana pembelajaran. Subyek siswa kelas II SD Negeri Muneng Leres 2  sebanyak 10 siswa. Obyek penelitian adalah hasil pre dan post test pada siswa kelas II melalui model Problem Based Learning (PBL). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian yang dilakukan pada awal dan akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan presentase siswa yang tuntas belajar berdasarkan KKM dan dengan satu kali siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL), media interaktif dalam pembelajaran dengan cara guru mengorientasi siswa terhadap beberapa masalah dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa sehingga dapat menstimulus siswa untuk Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaborative  mendiskusikan baik kepada teman kelompoknya maupun bersama guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Muneng Leres II. Hal itu dapat lihat hasil belajar pada post test. Pada pre test persentase perolehan siswa yaitu 10%. Sedangkan pada post test persentase siswa yaitu 90%  berarti terjadi peningkatan 80% dari capaian target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas II SD Negeri Muneng Leres II adalah 75.


Full Text:

PDF

References


Dr. Asdar, M. Pd. 2018. Metode Penelitian Pendidikan “Suatu Pendekatan Praktik”. Yogyakarta : Pustaka AQ

Dewi, N. P. A. M. dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yosafat Ardyanto, Henny Dewi Koeswati, Sri Giarti.(2018). Model Problem Based Learning(PBL) Berbasis Media Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter FKIP UM Mataram. Vol. 1 Tahun 2018.

Ni Luh Septiani Ari Pertiwi dan I Ketut Dibia. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Education Action Reseach Udiksha. Vol 2 Tahun 2018

Dhamayanti, N. L. D. D. A. dkk. (2014). Pemaknaan Siswa Kelas X Sma Lab Undiksha Singaraja Terhadap Pembelajaran Geografi Dengan PBL Dalam Menumbuhkan Pola Pikir Kritis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Gunantara. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2, No. 1 Tahun 2014.

Nafiah, Y. N. (2012). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1).

Natalia. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 75–81.

Sudiatmika, I. M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats