Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pelestarian SDA

Ummi Dirgahayu Siregar(1*), Kamaruddin Hasan(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) SDN No.100319 Inpres Sitadatada
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Perumnas II
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pelestarian sumber daya alam bisa meningkat dengan menggunakan model problem based learning di kelas IV SDN No.100319 Inpres Sitadatada. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN No.100319 Inpres Sitadatada pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Pemerolehan data berasal dari data observasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat pada siklus I menunjukkan nilai terendah 55 dan tertinggi 80. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 70% yaitu 7 dari 10 siswa dan pada Siklus II menunjukkan nilai terendah 60 dan tertinggi 95. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai mencapai 90% yaitu 9 dari 10 siswa.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil belajar siswa, Pelestarian Sumber Daya Alam


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunantara,Gd, Md Suarjana, dan Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1

Maulana, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1.

Muhson, Ali. (2009). Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol. 39, No. 2, Hal. 171-182.

Mutmainnah. (2021). Penerapan Model Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Pinisi Journal PGSD. Vol.1, No.2


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats