Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta didik Kelas V Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Supiannor Supiannor(1*), Musfirah Musfirah(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri Telaga Biru 5 Banjarmasin
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Latar belakang diadakan penelitian ini adalah kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas V SD Negeri Telaga Biru 5. Pembelajaran sering menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah yang menjadi fokus adalah : Apakah menggunakan model  pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran? Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan model  pembelajaran Problem Based Learning. Langkah penelitian disesuaikan dengan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan lembar pengamatan dan penilaian kinerja. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Pada siklus pertama diperoleh data keaktifan peserta didik mencapai 35% dari jumlah peserta didik. Pada siklus kedua terjadi peningkatan sebesar 65 %. Kemudian pada siklus 3 terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 90%. Bedasarakan hasil penelitian dapat disimpulkan model Pembelajaran Based Learning dapat meningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas V di SD Negeri Telaga Biru 5.


Full Text:

PDF

References


Abuddin. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta:

Arikunto, S., 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Rineka Apta, Jakarta.

E.Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Gallagher et.al. 1995. Implementing Problem Based Learning in Science Classrooms, School Science Mathematics

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan. Diakses Pada Desember 2021

Eggen, Paul & Kauchak,Don. (2012).Strategi dam Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Maulana,A. (2016).Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1.

Hosnan.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Putra, R,M. (2018). Pengaruh model PBL terhadap hasil belajar tematik peserta didik di SD Negeri 21 Kerinci. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No.2, pp. 178-190.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto.(2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats