Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Materi Rantai Makanan

Tenri Balobo(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Nur Asia(3),

(1) SD Negeri 22/IX Tangkit
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Kip Bara Baraya I Kota Makssar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini membahas tentang penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran  untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas( PTK) yang mencoba mencari solusi terkait permasalahan rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.Adapun model yang digunakan yaitu model pembelajaran Problem Based Learning yang meliputi tahap perencanaan ,pelaksanaan dan pengamatan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 22/IX Tangkit yang berjumlah 30 orang.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian. Berdasarkan hasil pengamatan dari tes awal keaktifan belajar siswa hanya 20%,siklus I keaktifan belajar peserta didik hanya mencapai 88 %,dan pada siklus II  keaktifan peserta didik meningkat mencapai 95 %.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Rantai Makanan dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning;Keaktifan Belajar;Rantai Makanan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arends. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eveline Siregar dkk,Teori Belajar dan Pembelajaran ,( Ghalia Indonesia:Bogor,2010).

Gijselaers, Wim H. 1996. Connecting problem‐based practices with educational theory. New Directions For Teaching And Learning. No. 68, Winter 1996. Josse-Bass Publishers.

Nur M.Wikandari Prima,Sugiarto,Teori Pembelajaran Kognitif ( Surabaya : IKIP Surabaya,1998 ).

Pannen, dkk. 2001. Kontruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: DIKTI DEPDIKNAS

Sayaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain,Strategi Belajar Mengajar .Cet kedua ( Jakarta:PT Reneka Cipta,2002 ).

Ratnaningsih. 2003. Penelitian Pembelajaran Berbasis Masalah. http://digilib.unila.ac.id/15837/4/BAB%20II.KERANGKA%20TEORETIS.pdf


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats