Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Materi Rantai Makanan
(1) SD Negeri 22/IX Tangkit
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Kip Bara Baraya I Kota Makssar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30347
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas( PTK) yang mencoba mencari solusi terkait permasalahan rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.Adapun model yang digunakan yaitu model pembelajaran Problem Based Learning yang meliputi tahap perencanaan ,pelaksanaan dan pengamatan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 22/IX Tangkit yang berjumlah 30 orang.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian. Berdasarkan hasil pengamatan dari tes awal keaktifan belajar siswa hanya 20%,siklus I keaktifan belajar peserta didik hanya mencapai 88 %,dan pada siklus II keaktifan peserta didik meningkat mencapai 95 %.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Rantai Makanan dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Kata Kunci: Problem Based Learning;Keaktifan Belajar;Rantai Makanan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arends. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Eveline Siregar dkk,Teori Belajar dan Pembelajaran ,( Ghalia Indonesia:Bogor,2010).
Gijselaers, Wim H. 1996. Connecting problem‐based practices with educational theory. New Directions For Teaching And Learning. No. 68, Winter 1996. Josse-Bass Publishers.
Nur M.Wikandari Prima,Sugiarto,Teori Pembelajaran Kognitif ( Surabaya : IKIP Surabaya,1998 ).
Pannen, dkk. 2001. Kontruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: DIKTI DEPDIKNAS
Sayaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain,Strategi Belajar Mengajar .Cet kedua ( Jakarta:PT Reneka Cipta,2002 ).
Ratnaningsih. 2003. Penelitian Pembelajaran Berbasis Masalah. http://digilib.unila.ac.id/15837/4/BAB%20II.KERANGKA%20TEORETIS.pdf
Article Metrics
Abstract view : 116 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats