Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Pecahan Senilai Siswa SD dengan Media Karton Pecahan Senilai

Oktoviaty Oktoviaty(1*), Lukman Ali(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media karton pecahan senilai dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya pecahan senilai. Penelitian dilaksanakan di kelas IV (empat) SDN. 002 Mamasa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan desain putaran spiral yang terdiri dari 2 siklus; setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Adapun subyek penelitian adalah 38 siswa kelas IV. Data dikumpulkan dari hasil observasi aktifitas guru dan siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar serta data hasil belajar siswa melalui tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media karton pecahan senilai dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian pecahan senilai siswa dimana perolehan nilai pada siklus I yaitu rata-rata 80,97 dengan ketuntasan 82,6%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu menjadi 81,13, dengan ketuntasan 87,6%. Dari hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karton pecahan senilai dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian pecahan senilai siswa, dimana dilihat dari hasil belajar siswa pada materi pecahan senilai mengalami peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Berlian, Titiek. (2021). Pengembangan Media Puzzle Pecahan pada Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Skripsi). Nusa Tenggara Barat: FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram.

Fitria, Khoirin Nida., Rachmawati, Fitri., Maulana, Miqdam., Purwaningrum, Jayanti Putri. (2019). Mengembangkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Permainan Kabar Pikachu. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2019 “Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Yogyakarta: HIMATIKA FMIPA UNY.

Herliani, E. dan Madusari, E.A. (2018). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan SD Kelas Tinggi A Kelompok Kompetensi. Jakarta: Kemendikbud Dirjen GTK.

Hermawan. A.K., Asra dan Dewi. L. (2017) Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhsetyo, Gatot. 2014.Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Sari, Yebi Yelita. (2019). Penggunaan Metode Bermain dengan Bantuan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bilangan Pecahan Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 40 Kota Bengkulu (Skripsi). Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats