Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres Jonggowa

Kurniawati Elyana Ramang(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Fatmawaty Fatmawaty(3),

(1) SD Inpres Jonggowa
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Inpres Jonggowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan media audio visual pada peserta didik kelas V SD Inpres Jonggowa. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada strategi untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan  penggunaan media audio visual  pada peserta didik kelas V SD Inpres Jonggowa dengan subjek penelitian 9 orang peserta didik yang terdiri dari 4 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan peserta didik pada siklus I adalah 55,6%, pada  siklus II ketuntasan mencapai 88,9% dan siklus III meningkat menjadi 100%. Sementara dari hasil observasi terlihat peningkatan aktifitas pembelajaran di setiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Inpres Jonggowa dengan menggunakan media audio visual.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja grafindo Perkasa.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

https://ainamulyana.blogspot.com/2016/06/pengertian-belajar-dan-pengertian.html

https://alaksamana.blogspot.com/2018/04/pengertian-dan-jenis-media-audio-visual.html

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196010151987101-ZULKIFLI_SIDIQ/Pengumpulan_Data_dalam_Penelitian_Tindakan_Kelas_Kelompok.pdf

https://alisadikinwear.wordpress.com/2012/07/05/jenis-jenis-alat-pengumpul-data-dalam-ptk/

http://eprints.walisongo.ac.id/3170/4/3104278_Bab3.pdf

https://silabus.org/hakikat-pembelajaran-ipa-di-sd/

http://digilib.uinsby.ac.id/16733/5/Bab%202.pdf

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Subekti, Ari. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4. Jakarta : CV Smart Consulting Indonesia.

Sudjana, Nana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Usman dan Basyiruddin Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Press.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats