Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Siswa SD Kelas V SD

Herlina Herlina(1*), Muhammad Irfan(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SD Negeri 121 Aluppang Kec. Takkalalla Kab. Wajo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Komp. IKIP Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 121 Aluppang Kecamatan Takkalalla Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2019 / 2020 dalam menyelesaikan soal-soal pada mata pelajaran matematika melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 121 Aluppang Kecamatan Takkalalla Kabupaten Wajo jumlah 40 anak, seorang guru kelas dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 62,50% dengan nilai rata-rata 67,13 dan pada siklus II sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 77,88 (2) Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum terecapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai. 

Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Dengan Tutor Sebaya


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (2001). Kaamus Besar Bahasa Indinesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http:www.inherent-dikti.net/files.sisdiknas.pdf, (diakses 6 april 2014).

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung : UPI.

Herman Hudojo. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Malang : IKIP Malang.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning Metode Tekhnik Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisma Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Perss.

Slavina, Robert E. (2005). Cooperative learning. Teori, Riset dan Praktik. Diterjemahkan Oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Sudjanan N. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinarbaru.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyitno, Amin. (2005). Dasar-Dasar dan Konsep Pembelajaran Terpadu. Semarang: FMIPA UNNES.

Umar, A. dan Kaco,N. (2007)a. Penelitian Tndakan Kelas. Pengantar Kedalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Wardani. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

PEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38274


Article Metrics

Abstract view : 222 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats