Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning & Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar

Ary Septiningrum(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Sahruddin(3),

(1) SDN Demakan 02
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kompleks IKIP I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Demakan 02. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas III semester ganjil 2021/2022 jumlah siswa 27 anak. Data awal dari lembar hasil belajar siswa dan data observasi, menunjukkan saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan materi, 15 dari 27 siswa pasif dan kurang percayadiri untuk mengungkapkan kalimat saran dengan tepat. Hal itu terjadi karena minat belajar siswa yang rendah dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, serta media kurang menarik. Maka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas III dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based learning dan Pendekatan TPACK. Langkah kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai terrendah 50 dan tertinggi 85. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terrendah 65 dan nilai tertinggi 100. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 63% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 96%. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK secara bertahab dan di terapkan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan untuk mengungkapkan kalimat saran pada siswa kelas III SDN Demakan 02.

Kata Kunci :  Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143.

Arikunto, Suharsimi.2007. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.Depdikbud

Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Kosasih. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru

Jakarta: Rajawali Pers.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Chanifah, Miftichatun, Stefanus Christian Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. 2019. “UpayaMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III Sd.” Jurnal Basicedu 3 (1): 163–68. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i1.96.

Dewi, Sari, Sumarmi Sumarmi, And Ach Amirudin. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas III Sdn Tangkil 01 Wlingi.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3): 281–88.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats