Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Rantepao

Marthina Sarmud(1*), Muhammad Amran(2), Kianto Kianto(3),

(1) SD Negeri 03 Rantepao
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF Inpres BTN IKIP II Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Rantepao Kab. Toraja Utara pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 orang. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai sebesar 79, Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai sebesar 82 dan disiklus III diproleh nilai sebesar 85. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373.

Gilar, T., Sukma, A., Surabaya, U. N., Puspasari, D., & Surabaya, U. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media AudioVisual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMKN 4 Surabaya.

Harpepen, A., Raden, J., Pagar, F., Mediaaudio, T., Terhadap, V., Belajar, M., Visual, M. A., & Belajar, M. (2021). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten It Menggunakan Teknik Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten It Menggunakan Teknik Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, 2, 104–112.

Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:, 2(4), 332–337.

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84–89.

Pranowo, T. A., & Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217–223.

Puteri, W. A., Maharani, D. A., & Wulandari, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Sd N 1 Serayu Larangan. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 122.

Sugiyono (2017), Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, bandung, alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats