Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD IT Nuurusshidiiq

Nurlaela Nurlaela(1*), Rosdiah Salam(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD IT NUURUSSHIDIIQ CIREBON
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Perumnas IV Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SD IT Nuurusshidiiq dalam pembelajaran Tematik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB sebanyak 18 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dengan metode observasi dan tes, kemudian data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif. Pada pra siklus presentase hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan hanya sebesar 27,7%, kemudian meningkat menjadi 44,4% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 94,4% pada siklus II. Sedangkan untuk keaktifan dari pra siklus presentase siswa yang termasuk dalam kriteria cukup aktif sebesar 33,3%, kemudian meningkat menjadi 61,1% di siklus I. Presentase keaktifan dengan kriteria aktif dan sangat aktif ini mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 77,8%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sifat-sifat cahaya.


Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Relmasira, C. S. (2018). Penerapan model pembelajaran tematik integratif berbasis kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27 (2), 124-132.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

De Jong, Ton & Wuter R. van Joolingen. 1998. Scientific Discovery Learning With Computer Simulation of Conceptual Domains. Review of Educational Research. Volume. 68 (2) p. 179- 201.

Hanifah, U, & Wasitohadi. (2017). Perbedaan efektivitas antara penerapan model pembelajaran discovery dan inquiry ditinjau dari hasil belajar IPA siswa. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (2), 92-104.

Istikomah, N., Relmasira, C. S., & Hardini, A. T. (2018). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6 (3), 130-138.

Kosasih. (2013). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP N 2 Tuntang. Scholaria. 6 (1), 43.

Musfiqon, H.M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Rohana, I., & Nugraheni, P. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam meningkatkan Keaktifan Siswa. EKIVALEN - Pendidikan Matematika, 14

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Siswanti, C. M., & Wahyudi. (2015). Pengaruh pendekatan saintifik melalui model discovery learning dengan permainan terhdap hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5 (3).

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung : PT. Ramaja Rosdakarya.

Suprihartiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats