Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5

Tetri Delia Nova(1*), Abdul Hafid(2),

(1) SDN 04 Sungai Antuan
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Artikel ini memuat tetang hasil penerapan model pembelajaran Berbasis masalah. Dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 UPTD SDN 04 Sungai Antuan semester 1 tahun pelajaran 2021 - 2022, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: gambaran penerapan model pembelajaran Berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 UPTD SDN 04 Sungai Antuan. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian Tindakan kelas yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test. Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data hasil belajar mencapai 72% dari jumlah peserta didik. Siklus 2 diperoleh data hasil belajar peserta didik 100% nilainya diatas kriteria ketuntasan minimal. Menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 V UPTD SDN 04 Sungai Antuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Berbasis masalah yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPTD SDN 04 Sungai Antuan Kab.Lima Puluh Kota Sumatera Barat

 

 

Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aini, F., Efendi, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar PAIDBP Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Model Discovery Learning. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 55–61.

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2012). Teaching for Student Learning: Becoming a Master Teacher. Routledge publisher.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. In Deepublish.

Erawanto, U., & Santoso, E. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahapeserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.2629

Irfan, I., Dharsono, D., SP. Gustami, S. G., & Guntur, G. (2019). Keramik Takalar 1981-2010: Ragam Bentuk dan Perubahan. Panggung. https://doi.org/10.26742/panggung.v29i1.815

Movitaria, M. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Brain Based Learning Approach dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Universitas Negeri Padang.

Movitaria, M. A., & Shandra, Y. (2020). Improving Teachers’ Abilities In Video Based Learning By Using Microsoft Powerpoint Application Through Workshop. Jurnal Basicedu, 4(4), 1423–1428.

Movitaria, M. A., & Shandra, Y. (2019). Penggunaan Ms Powerpoint Berbasis Animasi Terhadap Motivasi Peserta didik. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(01).

Nakada, A., Okada, Y., Yoshihara, A., Namiki, A., & Hiroi, N. (2017). Problem-based learning. Journal of the Medical Society of Toho University. https://doi.org/10.14994/tohoigaku:2017-005

Oktadela, R., Mukhaiyar, Gistituati, N., & Amri, Z. (2019). Developing A Problem-Based Learning/PBL Model for Improve Students’ English Speaking Problem Solving Ability and Self Confidence at Economic Department of University. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012045

Putra, U. S., & Masruri, M. S. (2019). The Effectiveness Comparison Between Inquiry And Problem Based Learning Towards Geography Learning Outcomes. Geosfera Indonesia. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10849

Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta didik Dalam Learning Cycle 7e Berdasarkan Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.722

Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas 5 SD. Jurnal Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3, 1–8.

Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar dan Pencapaian Hasil Belajar Peserta didik melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706

Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Matematika Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats