Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik

Ika Setiawati(1*), Widya Karmila Sari(2), Abdul Rahim(3),

(1) UPTD SDN 6 Rejasari
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian berjudul Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  Pada Pembelajaran Tematik. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV UPTD SDN 6 Rejasari yang berjumlah 15 orang, terdiri dari  6 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini dilakukan karena prestasi belajar siswa rendah pada kondisi pra siklus dengan nilai rata-rata 68,97. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap-tiap siklus menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85% dari siswa tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai rata-rata 68,97 meningkat pada siklus I mencapai rata –rata 76,41 dan  meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,79. Dari hasil penelitian, ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (69,23%) dan pada siklus II (100%), terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar (30,77%). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 6 Rejasari.


Full Text:

PDF

References


Wulandari, E. 2012. Penerapan Model PBL (Problem based learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

https://media.neliti.com/media/publications/258173-penerapan-model-pembelajaran-problem-bas-febb1ec3.pdf

Setyosari, P., & Sumarmi, S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats