Penggunaan Media Jamboard Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SDN 256 Dongi

Namira Namira(1*), Muh. Faisal(2), Sriyanti Sinusi(3),

(1) SD Negeri 256 Dongi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri KIP Barabaraya 2
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kecakapan kolaboratif siswa pada pembelajaran matematika berbasis google jamboard di  kelas V SDN 256 Dongi. Waktu penelitian dilaksanakan di semester genap Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket atau kuisioner . Instrumen  penelitian ini adalah lembar angket kolaborasi siswa dan lembar observasi kecakapan kolaboratif. Teknik analisis dilakukan secara deskriptif, baik deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kolaboratif siswa pada pembelajaran matematika berbasis google jamboard dapat  meningkatkan kecakapan kolaboratif siswa, ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I  ke siklus II terjadi kenaikan dari kategori “cukup kolaboratif” menjadi “sangat kolaboratif”.

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Platform Jamboard Dalam Pembelajaran Daring Matematika Kelas XII MIPA-1 SMA Al Hikmah Surabaya. https://www.academia.edu/download/64943854/PTK_ZAINUL_ARIFIN_Lengkap_2020.pdf

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Hasbullah. (2014). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan. Jurnal Formatif, 4(1), 65–70. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.140

Izza, J. (2019). Mengawali Integritas Era Digital 2019. Buletin APJII, 5.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169–175. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Bengkulu.

Supianti, I. I. (2016). Dampak Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Teorema: Jurnal Teori dan Riset matematika, 1(1).

Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 34-47. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4470

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2020, October). Collaboration And Communication Skills Of Pre-Service Mathematics Teacher In Designing Project Assignments. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012073). IOP Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats