Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
(1) UPTD SD NEGERI 151 BARRU
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres BTN IKIP I
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30145
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir Kritis siswa kelas V SD Negeri 151 Barru pada tema ekosistem sub tema komponen ekosistem melalui model pembelajaran problem based learning (PBL).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi.Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah problem based learning dan kemampuan berpikir Kritis Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 151 Barru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dengan persentase kemampuan berpikir kreatif dari siklus I mencapai 69,37 % dan meningkat di siklus II dengan persentase 84,37 %. ,Dan di siklus III Meningkat menjadi 89,37%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas (2003:3) Undang-Undang no 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 20 tentang pembelajaran :Jakarta
Ridwan Abdullah Sani. 2017. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajagrafindo persada.
Trianto. 2012. Panduan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) teori & praktik. Jakarta: Prestasi pustaka
Article Metrics
Abstract view : 112 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats