Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 52 Salutete
(1) SDN 52 Salutete Kota Palopo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD SDN Paccinang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30135
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa Kelas VI SDN 52 Salutete melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus selama dua siklus, Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil yaitu berupa hasil tes dan data proses yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian pada siklus I, hasil tes tertinggi adalah 80 dan hasil tes terndah adalah 40, Sedangkan dari segi proses, nilai yang didapatkan untuk kegiatan peneliti (guru) adalah 70% dan nilai yang didapatkan untuk kegiatan siswa adalah 50%. Pada siklus II, hasil tes tertinggi adalah 100 dan hasil tes terndah adalah 60. Sedangkan dari segi proses, nilai yang didapatkan untuk kegiatan peneliti (guru) pada siklus II ini adalah 85% dan nilai yang didapatkan untuk kegiatan siswa adalah 90%. Pada siklus II hasil tes yang didapatkan sangat melebihi standar keberhasilan penelitian dengan kata lain tindakan pada siklus II sangat berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil dan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas VI di SD Negeri 52 Salutete Kota Palopo.
Kata kunci: Model Problem Based Learning;Hasil Beljar IPA
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto
Akmalia. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Skripsi. Bandung. Universitas Pasundan. Diakses Pada Desember 2021
Glazer, E. (2001). Problem based instruction. In M. Orey (Ed.), Emerging perspective on learning, teaching, and technology. Diambil dari http//www.coe.uga.edu/ epltt/ProblemBasedInstruct.htm.
McTaggart, R. (1995). Action research: a short modern history. Victoria: Deakin Uni- versity Press.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Putra
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pedidikan Nasional. Jakarta: Pemerbit Cemerlang
Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view : 145 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats