Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ganungkidul

Ratih Alimawati(1*), Amrah Amrah(2), Kadarisman Kadarisman(3),

(1) SD Negeri 2 Ganungkidul
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Kampus IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VI SD Negeri 2 Ganungkidul  setelah diterapkannya pembelajaran dengan model berbasismasalah, terutama pada materi IPA (sifat – sifat magnet).Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan jumlah  15 dan 14 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa dan lembar observasi guru. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif  dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA (materi  sifat –sifat magnet)  pada siswa kelas VI SDN 2 Ganungkidul  melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Ibrahim, Muslimin dan Mohammad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39 (2).

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Triyanto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka

Kamdi. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar . E-Jurnal Model PBL Vol 3 Hal 35-41 Tahun 2007. (diunduh 17 September 2018


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats