Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ganungkidul
(1) SD Negeri 2 Ganungkidul
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Kampus IKIP
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30127
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VI SD Negeri 2 Ganungkidul setelah diterapkannya pembelajaran dengan model berbasismasalah, terutama pada materi IPA (sifat – sifat magnet).Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan jumlah 15 dan 14 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa dan lembar observasi guru. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA (materi sifat –sifat magnet) pada siswa kelas VI SDN 2 Ganungkidul melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.
Ibrahim, Muslimin dan Mohammad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39 (2).
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.
Triyanto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka
Kamdi. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar . E-Jurnal Model PBL Vol 3 Hal 35-41 Tahun 2007. (diunduh 17 September 2018
Article Metrics
Abstract view : 173 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats