Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Islam Al-Falah
(1) SD Islam Al-Falah Banjarmasin
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30112
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang pemanfaatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA tentang ekosistem. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Islam Al-Falah Banjarmasin dalam pembelajaran tematik tema 5 Ekosistem Sub Tema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem Pembelajaran 1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al-Falah Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al-Falah Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada siklus pertama 7 dari 16 siswa atau 43.75 % siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 13 dari 16 siswa atau 81,25% siswa mencapai KKM.
Full Text:
PDFReferences
Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta: Kepel Press.
Asrori, Mohammad. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Wacana Prima.
Siregar, Eveline, Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jufri, Wahab. Belajar 2013. Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Jihad, Asep, Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Amir, M Taufiq. 2009. Inovasi PendidikanMelalui Problem Based learning. Jakarta: Prenada Media Group, 2009
Surif, Johari, dkk. 2013. Implementasion of Problem Based Learning in Higher Education institutions and Its Impact on Students Learning. The 4th International Research Symposium on Problem-Based Learning (IRSPBL): 66:73.
Article Metrics
Abstract view : 84 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats