Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Membandingkan Berat Benda Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I

Zulasmi Zulasmi(1*), Hamzah Pagarra(2), Fadilah Idris(3),

(1) SDN 006 SUNGAI BEDUK
(2) PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UPT SPF SDN Nusa Harapan Permai Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah permasalahan  Rendahnya hasil belajar siswa kelas I pada pelajaran matematika yang telah dilakukan guru, disebabkan kesalahan yang dilakukan guru antara lain kurang tepatnya guru menggunakan metode pembelajaran, tidak adanya media pembelajaran, dan masih kurang pengalaman guru dalam melakukan pembelajaran seperti bagaimana cara memotivasi siswa, bagaimana cara pengendalian dalam penguasaan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara   untuk memperbaiki proses pembelajaran, hasil pembelajaran, serta meningkatkan mutu dari pembelajaran tersebut. dengan menggunakan metode pembelajaran demontrasi. Hal ini telah dibuktikan guru dalam kegaiatan perbaikan ini pada keadaan awal siswa yang tuntas hanya 8 siswa dengan rata-rata belajar hanya 61,36 dan setelah menerapkan metode demontrasi jumlah siswa tuntas meningkat menjadi 22 siswa dan rata-rata belajar meningkat menjadi 90,00. Selain hal tersebut penerapan metode demontrasi dapat juga meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Pengenalan angka, media kartu angka bergambar


Full Text:

PDF

References


Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan.Jakarta: Depdiknas. Sadiman, Arief S, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persabda.

Pratiwi, Ria. 2013. ‘Pengaruh Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Lambang bilangan Di Kelompok A Tk Ar- Rahmasidole Timur Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Mautong’. Universitas Tadulako.

Rosdiani, Luh Putu, dkk. 2014. ‘Penerapan Think Pair Share Berbantuan Media Pohon Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak’. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1).

Raharjo, K. (2010). Kamus Matematika Bergambar. Jakarta: Grasindo. Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mariani, Desi. 2018. Pengaruh Media Kartu Gambar Angka Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Destiani, Siska. 2018. Penerapan Pembelajaran Kartu Angka Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di TK Citra Darma Lampung Barat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta.

Febryani, Ni Putu, dkk. 2014. ‘Penerapan Make A Match Berbantuan Media Dadu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Anak’. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1).

Yusianti. 2016. ‘Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia TK’. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 9 (5).

Mariani, Desi. 2018. Pengaruh Media Kartu Gambar Angka Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Indriani. 2013. ‘Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1- 5 pada Anak Tunagrahita Ringan’. Vol. 12 (2).

Sadiman, A.S, dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RAJA Grafindo Persada.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Raharjo, K. (2010). Kamus Matematika Bergambar. Jakarta: Grasindo.

Wulan, R. (2011). Mengasah Kecerdasan Pada Anak (Bayi- Prasekolah). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Adams, K. (2006). Semua Anak Jenius: Berbagai Macam Aktivitas Seru untuk Mengembangkan Kecerdasan Pada Anak Usia 0-11 Tahun. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats