Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Kelas III SD Negeri 006 Sungai Ara
(1) SD Negeri 006 Sungai Ara
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar (UNM)
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30081
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 006 Sungai Ara dengan jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 4 Kewajiban dan Hakku sub tema 2 dengan muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks non fiksi, keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 62,94. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,76 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,29. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Semester I di SD Negeri 006 Sungai Ara tahun pelajaran 2021/2022.
Kata kunci : Hasil belajar, problemt based learning
Full Text:
PDFReferences
Rusman (2012) Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesional Guru, Bandung, CV.
Alfabeta
Joni, Raka (1992) Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Strategi Pembelajaran
Aktif (Cara Belajar Siswa Aktif) dan Pembinaan Profesional Guru, Kepala Sekolah serta
Pembina lainnya, Jakarta: Rinehart and Wiston.
RI, UU No 20 (2003) Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) Jakarta: Sinar
Gantika
Ibrahim (2007) Penelitian dan Penilaian Pendidikan,Bandung: Sinar Baru Algensindo
Mulyasa. E (2007) Praktik Penelitian Tindakan Kelas Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Article Metrics
Abstract view : 84 times | PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats