Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 007 Lingga Timur

Ruslan Ruslan(1*), Muhammad Amran(2), Bhakti Phandi Hasin(3),

(1) SDN 007 LINGGA TIMUR
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Sudirman III
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 4. Subjek dalam perbaikan ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 007 Lingga Timur yang berjumlah 8 siswa terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi dan hasil tes. Perbaikan pembelajaran ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus 1 persentase hasil belajar rata-rata peserta didik sebesar 65 % meningkat menjadi 95 % dan pada siklus 2. Data tersebut menunjukkan peningkatan pemahaman dan penguasan siswa terhadap materi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik kelas 4 melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya kelas IV SD Negeri 007 Lingga Timur.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Tematik, Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditam.

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anggari, Angi St. dkk. (2014). Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggari, Angi St. dkk. (2014). Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunantara,Gd, Md Suarjana, dan Pt. Nanci Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1

Muhson, Ali. (2009). Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol. 39, No. 2, Hal. 171-182.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena Jurnal Penelitian, 4(1), 63-76.

https://doi.org/10.21093/fj.v4i1.279.

Perida, Frizta Wahyu Pety. (2013). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD N 6 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Semester II Tahun 2012/2013. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Trisnaningsih, Ralita Ayu. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAtentang Sumber Daya Alam melalui Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD N 6 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Semester II Tahun 2012/2013. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria, 6 (2), 100-118.

Winataputra, Udin S. Teori Belajar dan Pembelajaran. (Universitas Terbuka: Jakarta, 2007), halaman. 1-3.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats